ASESMEN DAN PERKUATAN JEMBATAN PIPA CIASEM
Abstract
Abstrak — Jembatan pipa Ciasem merupakan jembatan rangka baja yang digunakan sebagai dudukan pipa 8 inci untuk distribusi minyak mentah. Terdapat indikasi bahwa jembatan ini mengalami lendutan yang berlebihan sehingga perlu dilakukan asesmen dan perkuatan. Asesmen Jembatan dimaksudkan untuk mendukung infrastruktur transportasi minyak mentah yang sesuai dengan kriteria perencanaan teknis yang berlaku. Tujuan Asesmen Jembatan ini adalah untuk mendapatkan dokumen perencanaan teknis perkuatan jembatan. Sasaran yang hendak dicapai dari hasil layanan konsultansi ini adalah mengurangi lendutan pada tengah bentang yang terjadi saat ini serta mengusulkan metoda perkuatan yang ditunjukkan dengan gambar perencanaan. Dari hasil penelitian didapatkan tinggi deviator 1500 mm serta digunakan kabel prategang berdiameter ½ inci dengan, fu = 270 ksi. Jumlah kabel yang harus terpasang sebanyak 5 buah. Sehingga total kabel pada masing-masing sisi memanjang jembatan: 5 x ½ in = 2.5 in. Gaya prategang sebesar 70 ton yang diaplikasikan secara bersamaan pada kedua sisi memanjang jembatan yang berjarak 1.5 meter.
Kata kunci : Asesmen, Perkutan, Jembatan Pipa, Ciasem.
Abstract — Ciasem pipe bridge is a steel frame bridge that is used as an 8 inch pipe holder for distribution of crude oil. There are indications that this bridge is experiencing excessive deflection so that it needs to be assessed and strengthened. The Bridge Assessment is intended to support the infrastructure of crude oil transportation in accordance with applicable technical planning criteria. The objective of this Bridge Assessment is to obtain a bridge strengthening technical planning document. The target to be achieved from the results of this consultancy service is to reduce deflection in the middle of the current landscape and to propose a method of reinforcement which is shown in the planning picture. From the research results obtained 1500 mm high deviator and used prestressed cables ½ inch in diameter with, fu = 270 ksi. The number of cables that must be installed is 5 pieces. So that the total cable on each side extends the bridge: 5 x ½ in = 2.5 in. A prestressing force of 70 tons was applied simultaneously on both sides of the bridge extending a distance of 1.5 meters.
Keywords: Assessment, Percutaneous, Pipe Bridge, Ciasem.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Budiharto, Widodo. Firmansyah, Sigit, 2004, “Elektronika Digital dan Mikroprosesor”. Yogyakarta, Penerbit ANDI.
Sasongko Hari Bagus, (2012), “Pemrograman Mikrokontroler dengan Bahasa C”, Yogyakarta, Penerbit ANDI.
Winarno, Arifianto, Deni, 2011, “Bikin Robot Itu Gampang”. Jakarta, Kawan Pustaka.
Baskerville, N, 2012, “Valve: Handbook for New Employees First Editions”, Valve Corporation, Washington U.S.A., http://www.national.com/ds/LM/LM35.pdf (diakses tanggal 5 Juni 2016, pukul 15:30)
Bayle,J., 2013, “C programming for Arduino, Birmingham”, Packt Publishing.
Anonim, 1984, “Peraturan Perencanaan Bangunan Baja Indonesia Tahun 1984”, Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan.
Departemen Pekerjaan Umum, RSNI T-03-2005 Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan, Badan Standarisasi Nasional, 2005.
Departemen Pekerjaan Umum, RSNI T-02-2005 Pembebanan Untuk Jembatan, Kementerian Badan Standarisasi Nasional, 2005.
Hasanuddin, 2017, “Metode Penilaian Kondisi Jembatan Beton Prategang”, Teknik Sipil Universitas Suryakancana, vol 1.
Putra, Brian Halomoan, 2018. “Kajian Perkuatan Jembatan Menggunakan Sistem Prategang Eksternal”, Universitas Sumatera Utara.
S Simamora, Nasib, M.Agung Putra Handana, “Analisa Kekuatan Balok Baja Prategang(Prestressed Steel Girder)”, Departemen Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara.
Suryanita, Reni, Zulfikar Djauhari dan Andi Wijaya, 2016, “Respons Struktur Jembatan Beton Prategang Berdasarkan Spektrum Gempa Wilayah Sumatera” Universitas Riau.
Troitsky, M.S., 1990, “Prestressed Steel Bridges .Theory and Design”, New York.
Van Nostrand Renhold Company, Xanthakos. 1973. “Theory and Design Bridges”. New York, John Wiley and Sans. Inc.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v11i1.1498
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sumargo Sumargo, Noval Hasan, Achmad Abrar Haziri