PEMBUATAN MESIN SORTIR BIJI KOPI MENGGUNAKAN MEKANISME GETAR DENGAN DAYA 1 HP

Zulfikar Zulfikar, Indra Mawardi, Mawardi Mawardi

Sari


Perkembangan areal perkebunan kopi rakyat yang cukup pesat di Indonesia, salah satunya Takengon yang terletak di Aceh Tengah. Mesin-mesin sortir yang menggunakan mekanisme getar mengunakan vibiator motor yang mempunyai harga relatif tinggi dan sulit di dapat. Proses sortir biji kopi menggunakan ayakan, yang kemudian dengan system getar, kopi akan di sortir sesuai ukuran dan akan keluar melalui ukuran yang ada. Tujuan khusus dari penulisan skripsi ini adalah dapat membuat mesin sortir biji kopi dengan mekanisme getar, dengan daya 1HP. Pada pengeluaran sortir biji kopi dengan ukuran tidak lolos pada ayakan berdiameter 7,5 adalah ukuran besar, pengeluaran biji kopi ini. Pada pengeluaran sortir biji kopi dengan ukuran lolos pada ayakan berdiameter 7,5 adalah ukuran sedang, Pada pengeluaran sortir biji kopi dengan ukuran lolos pada ayakan berdiameter 6,5 adalah ukuran kecil dari hail tersebut bahwa dapat disimpulkan Beberapa kekurangan yang masih ada pada alat tersebut yaitu putaran masih diatas 30 rpm.

 

 

Kata Kunci: Takengon, Biji kopi, Vibration.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


P. Rahardjo, Berkebun Kopi. Penebar Swadaya, 2012.

I. Mawardi, “Pengembangan Konstruksi Mesin Pulper Portable Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas dan Produktifitas Petani Kopi di Desa Petukel Blang Jorong Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah,” in Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhkseumawe, 2019, vol. 2, no. 1.

I. Mawardi, H. Hanif, Z. Zaini, and Z. Abidin, “Penerapan Teknologi Tepat Guna Pascapanen Dalam Upaya Peningkatan Produktifitas Petani Kopi di Kabupaten Bener Meriah,” CARADDE J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 205–213, 2019.

I. Mawardi, “Inovasi TTG Mesin Huller Kopi Multi Fungsi Dalam Upaya Peningkatan Pascapanen Kopi,” in Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) Ke-4, 2018.

H. Hanif, N. Nurdin, and I. Mawardi, “Pengabdian Bagi Petani Ikan Bandeng Desa Jambo Timu Pemkot Lhokseumawe Yangmenghadapi Masalah Tingginya Harga Pakan Ikan,” Pros. SNaPP Sains, Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 299–306, 2014.

T. Rochim, “Teori dan teknologi proses pemesinan,” Jakarta High. Educ. Dev. Support Proj., 1993.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v3i1.881

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140