PEMBUATAN MESIN PENCUCI BIJI KOPI TYPE BATCH DENGAN DAYA 5,5 HP

Dwi Saifullah, Nurdin Nurdin, Indra Mawardi

Sari


Perkembangan area perkebunan kopi rakyat yang cukup pesat di Indonesia, salah satunya Takengon yang terletak di Aceh Tengah  perlu didukung dengan kesiapan sarana dan metode pengolahan biji kopi yang tepat, sehingga mengasilkan biji kopi yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Mesin pencuci kontinyu mempunyai kapasitas yang relatif besar, yaitu 1.000 kg biji kopi/jam. Kebutuhan air pencuci berkisar antara 5 - 6 m3 per ton biji kopi. Mesin pencuci ini terdiri atas silinder berlubang horisontal dan sirip pencuci berputar pada poros silinder. Tujuan dari pembuatan mesin ini adalah Dapat memproduksi mesin pencuci biji kopi type batch dan Dapat menganalisa Uji untuk kerja mesin dengan memvariasikan putaran dan waktu pencucian. Putaran yang digunakan adalah 20 dan 40 rpm dengan waktu pencucian 1,2 dan 3 menit.dengan menggunakan putaran 20 rpm mendapakan hasil 15% untuk 1 menit , untuk waktu 2 menit mendapatkan hasil 10% sedangkan untuk 3 menit mendapatkan hasil 5%, Sedangkan untuk putaran 40 rpm mendapatkan hasil dari 1  s/d 3 menit medapatkan hasl persentase 10%, 5%, 0%. Untuk putaran 20 rpm dengan waktu 3 menit mendapatkan hasil persentase yang sedikit yaitu 5%  sedangkan untuk putaran 40 rpm dengan waktu 3 menit mendapatkan hasil persentase yaitu 0% dengan hasil pada biji kopi tersebut bersih dari sisa lendir.

 

Kata Kunci : Takengon, Harmonized System, kopi type batch.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


I. Mawardi, “Pengembangan Konstruksi Mesin Pulper Portable Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas dan Produktifitas Petani Kopi di Desa Petukel Blang Jorong Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah,” in Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhkseumawe, 2019, vol. 2, no. 1.

I. Mawardi, “Inovasi TTG Mesin Huller Kopi Multi Fungsi Dalam Upaya Peningkatan Pascapanen Kopi,” in Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) Ke-4, 2018.

I. Mawardi, H. Hanif, Z. Zaini, and Z. Abidin, “Penerapan Teknologi Tepat Guna Pascapanen Dalam Upaya Peningkatan Produktifitas Petani Kopi di Kabupaten Bener Meriah,” CARADDE J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 205–213, 2019.

H. Hanif, N. Nurdin, and I. Mawardi, “Pengabdian Bagi Petani Ikan Bandeng Desa Jambo Timu Pemkot Lhokseumawe Yangmenghadapi Masalah Tingginya Harga Pakan Ikan,” Pros. SNaPP Sains, Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 299–306, 2014.

T. Rochim, “Teori dan teknologi proses pemesinan,” Jakarta High. Educ. Dev. Support Proj., 1993.

I. Mawardi, A. Azwar, and A. Rizal, “Kajian Perlakuan Serat Sabut Kelapa Terhadap Sifat Mekanis Komposit Epoksi Serat Sabut Kelapa,” J. POLIMESIN, vol. 15, no. 1, pp. 22–29, 2017.

I. Mawardi, H. Hasrin, and H. Hanif, “Analisis Kualitas Produk dengan Pengaturan Parameter Temperatur Injeksi Material Plastik Polypropylene (PP) Pada Proses Injection Molding,” Ind. Eng. J., vol. 4, no. 2, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v3i1.877

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140