Analisis Pengendalian Kualitas Pengantongan Semen Pada PT. Solusi Bangun Andalas Menggunakan Metode Six Sigma Dengan Pendekatan DMAIC

Alliya Amanda Putri, Marzuki Marzuki, Nurlaili Nurlaili

Sari


Berdasarkan kondisi pada pengantongan semen yang memiliki 2 jenis cacat yaitu kantong robek dan berat semen tidak sesuai standar, maka perusahaan membutuhkan suatu usaha perbaikan menyeluruh, baik dari segi manajerial maupun proses atau teknis. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan yaitu melalui metode six sigma, aplikasi six sigma berfokus pada minimalisasi cacat dan variansi, dimulai dengan mengidentifikasi unsur-unsur kritis terhadap kualitas atau biasa disebut sebagai Critical to Quality (CTQ) dari suatu proses. Langkah mengurangi cacat dan variansi dilakukan secara sistematis dengan mendefinisikan (Define), mengukur (Measure), menganalisa (Analyze), memperbaiki (Improve) dan mengendalikan (Control) yang dikenal dengan metode DMAIC. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data 1 tahun terakhir yaitu dari bulan januari-desember 2022. Berdasarkan dari hasil penelitian, kantong robek merupakan jenis cacat yang paling besar selama proses pengantongan semen berlangsung. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Check Sheet, Control Chart dan Fishbone Diagram. Selama tahun 2022 pada proses pengantongan semen pada PT. Solusi Bangun Andalas diperoleh nilai DPMO sebesar 2.325 dan level sigma 4.330.

 

Keywords : Pengendalian kualitas, six sigma, DMAIC, pengantongan semen, DPMO


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


B. R. Siwi, “Aplikasi Six Sigma DMAIC dan Kaizen sebagai Metode Pengendalian dan Perbaikan Kualitas Produk PT. Sarandi Karya Nugraha,” Ind. Eng. Online J., vol. 5, no. 4, 2016.

V. Gaspersz, “Pedoman implementasi program six sigma terintegrasi dengan ISO 9001: 2000, MBNQA, dan HACCP,” 2002.

A. A. Masruri, “PENYEBAB KECACATAN PADA CRUDE PALM OIL (CPO) DENGAN MENGGUNAKAN SEVEN TOOLS,” Integr. J. Ilm. Tek. Ind., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2018.

N. Hairiyah, R. R. Amalia, and E. Luliyanti, “Analisis statistical quality control (SQC) pada Produksi roti di Aremania Bakery,” Ind. J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 8, no. 1, pp. 41–48, 2019.

Hamdani, H., & Fakhriza, F. (2019). Pengendalian Kualitas Pada Hasil Pembubutan Dengan Menggunakan Metode SQC. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 2(1), 1-9.

B. Harahap, L. Parinduri, and A. A. L. Fitria, “Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus: PT. Growth Sumatra Industry),” Bul. Utama Tek., vol. 13, no. 3, pp. 211–218, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v7i2.4484

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140