Pengaruh Variasi Temperatur Perendaman Terhadap Pengujian Termal dan Akustik Papan Komposit dari Sabut Kelapa dan Getah Damar

Muhammad Zulfauzan, Luthfi Luthfi, Dailami Dailami

Sari


Komposit adalah suatu material yang terbentuk dari kombinasi dua atau lebih material sehingga dihasilkan material komposit yang mempunyai sifat mekanik dan karakteristik yang berbeda dari material pembentuknya. Adapun karakteristik yang ingin dicari pada penelitian pembuatan papan komposit dari sabut buah kelapa dengan memvariasikan temperatur pendahuluan perendaman sabut buah kelapa menggunakan air dingin dan panas dengan menggunakan perekat getah damar yaitu untuk mengetahui termal dan akustik papan komposit dari sabut buah kelapa setelah terjadinya pendahuluan perendaman. Dari hasil pengujian, nilai konduktivitas termal tertinggi pada pendahuluan perendaman air panas dengan fraksi 30% : 70% sebesar 0,062 W/m0C sedangkan terendah pada pendahuluan perendaman air dingin dengan fraksi volume 40% : 60% sebesar 0,015 W/m0C. Sedangkan untuk nilai koefisien serap bunyi untuk pendahuluan perendaman air panas dan dingin dengan fraksi volume 30% : 70% lebih tinggi pada pendahuluan perendaman air dingin.

Keywords: Konduktivitas termal dan akustik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Orah. J., Sappu. F. P., & Lumintang. R. (2013). Analisis Sifat Mekanik Material Komposit Dari Serat Sabut Kelapa. Teknik Mesin, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Saputra, R., Kardiman, K., & Santoso, D. T. (2022). Analisis Sifat Mekanis dan Sifat Fisis pada Komposit Serat Sabut Kelapa Serat Bambu Matriks Epoxy Sebagai Material Bumper Mobil. Jurnal Rekayasa Mesin, 17(1), 37-48.

Saputraa, A., Samhuddin, S., & Hasanudin, L. (2022). Perancangan Dan Analisis Pengujian Konduktivitas Panas Pada Tipe Material Padat. Enthalpy : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin, 7(1), 22.

Sudarsono., Toto. R., & Yogi. S. (2010). Pembuatan Papan Partikel Berbahan Baku Sabut Kelapa Dengan Bahan Pengikat Alami (Lem Kopal). Jurnal Teknologi, Volume 3 Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v7i2.4480

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140