Kajian Cacat Las Pada Fabrikasi Pipa Steel Penstock (Studi Kasus Pada PLTA Aceh Tengah)

Fachrul Ferli Malik, Al Fathier Al Fathier, Ariefin Ariefin

Sari


Penstock pipe adalah inti dari proses pengaliran air bertekanan dari bendungan sampai ke turbin, sehingga diperlukan hasil sambungan pengelasan yang baik tanpa cacat las di daerah hasil pengelasan agar mencapai tingkat efesiensi 0.95. Dalam proses pemasangan Penstock Pipe digunakan material JIS 3106 SM490B. Penulis menganalisa cacat pengelasan khusus untuk sambungan pipa 82-83, berdiameter 2600 mm, ketebalan 26 mm, panjang 7200 mm dan berat kedua pipa adalah 24 ton. Proses penyambungan pipa 82-83 di Side Lower Penstock dengan menggunakan model pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW). Sebelum dan sesudah pengelasan dilakukan Joint Inspection. Dari hasil pengelasan, dilakukan pengujian Visual Test untuk mengetahui cacat pengelasan pada permukaan, hasilnya tidak ditemukan cacat las. Lalu dilakukannya Radiography Test untuk mengetahui cacat pengelasan pada bagian dalam hasil pengelasan, hasilnya ditemukan cacat pengelasan pada film A-B dan C-D berupa Lack of Root Penetration sepanjang 78 mm pada dua film tersebut. Dari temuan tersebut dilakukan Repair Welding dengan menggerinda terlebih dahulu hasil pengelasan yang terdeteksi cacat las tersebut dan dilakukan Radiography test kembali. Hasil dari film Radiography Test yang telah dilakukan Repair Welding adalah baik (tanpa cacat las), memenuhi efesiensi pengelasan 0,95.

 

Kata Kunci : Pengelasan SMAW, Efisiensi, Cacat Pengelasan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


PT. Amarta Karya, 2014, Welding and Welder Procedure Specification of Gates, Steel Penstock, Raking and Conveyor System.

CSWIP 3.0 – Visual Welding Inspector WIS 1 HANDOUT.

Sri Widharto, “ Radiografi”, Inspeksi Teknik. Jakarta : PT. Pradanya Paramita, 2004, Hal 199.

Gunawan, Sutiarso, Suyatno, Setiawan, & Juliyani. (2009). Peningkatan Kualitas Citra Radiografi Netron Menggunakan Film Lapisan Tunggal. Prosiding Seminar Nasional Hamburan Neutron dan Sinar-X ke 7 (hal. 14-19). Serpong: Pusat Teknologi Bahan Industri Nuklir (PTBIN) - BATAN.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v7i1.3924

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140