Evaluasi Sifat Mekanik Baja Pegas Daun Mobil Isuzu Panther

Raja Zulkarnaini, Hamdani Hamdani, Edi Saputra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebuah proses rekondisi sifat mekanik pada baja pegas daun (Leaf Spring) dengan perlakuan panas normalizing, quenching, dan tempering spesimen dilakukan uji kekerasan dan uji tarik. Nilai kekerasan yang paling segnifikat pada daerah indentor uji yaitu 57 HRC pada spesimen baja pegas baru yang belum di rekondisi, nilai kekerasan tertinggi yaitu 61,3 HRC pada spesimen baja pegas daun bekas yang juga belum direkondisi, dan nilai kekerasan baja pegas daun rekondisi yaitu 61,3 HRC. Data perbandingan uji tarik menjelaskan tegangan tarik pada baja pegas daun rekondisi adalah sebesar 544,3 MPa, tegangan luluh tertinggi 266 MPa dan perpanjangan sebesar 1,34%. Dari data hasil pengujian tarik baja pegas daun rekondisi didapat hasil pada data material memiliki kekuatan tarik, kekuatan luluh serta kekerasan terendah dibandingkan dengan material baja pegas daun baru dan bekas.

 

Kata kunci: sifat mekanik, baja pegas grade SUP 9A, perlakuan panas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


P. I. Purboputro, “Peningkatan kekakuan pegas daun dengan cara quenching,” Media Mesin Maj. Tek. Mesin, vol. 10, no. 1, 2017.

R. Saputra and E. Tyastomo, “Perbandingan kekerasan dan struktur mikro pegas daun yang mengalami proses heat treatment,” Bina Tek., vol. 12, no. 2, pp. 185–193, 2016.

H. Hamdani, J. Jufriadi, A. Ariefin, E. Saputra, and M. Ghiffari, “Pengaruh pengelasan dan media quenching terhadap kekuatan tarik dan kekerasan material ASTM A 36,” J. Teknol., vol. 21, no. 2, pp. 65–69, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v7i1.3920

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140