Rancang Bangun Prototipe Overhead Crane Kapasitas 20 Kg Dengan Pengontrolan Berbasis Programmable Logic Controller (PLC)

Abd Rani, Bukhari Bukhari, Muhammad Razi

Sari


Pada rancang bangun prototipe overhead crane ini peneliti telah merancang dan menguji prototipe berbasis PLC (Programmable Logic Controller) berdasarkan prinsip kerjanya. Dari analisa static yang dilakukan didapat tegangan tertinnggi (maximum stress) prototipe overhead crane terletak pada roda dengan material stainless steel 304, yakni dengan nilai 69668312 N/m2 atau 69,67 MPa. Sedangkan yield tensile strength dari stainless steel 304 yaitu 215 MPa. maka factor keamanan yang didapat yaitu 3,1, sehingga kontruksi prototipe overhead crane layak digunakan. Dan dari data yang didapat dari pengujian fungsional prototipe overhead crane dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin besar beban yang diangkat, maka kecepatan angkat semakin kecil dan kecepatan turun semakin besar. Sedangkan kecepatan gerakan transversal dan longitudinal tidak terjadi perubahan yang signifikan dan kecepatan yang didapat normal, dengan beberapa variasi beban yang telah diberikan.

Kata kunci: Overhead crane, PLC, Prototype overhead crane, ladder diagram


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniawan, A., Ahmad, F. S., & Erinofiardi, E. (2014). Analisa kekuatan struktur crane hook dengan perangkat lunak elemen hingga untuk pembebanan 20 Ton (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).

Aswardi, A., & Ihsan, B. (2016). Sistem Overhead Crane dengan Wirakess Control Menggunakan Android Berbasis Arduino.

Damayanti, L., & Ariatedja, J. B. (2019). Redesign Kerangka Box Body Mobil Pickup Multiguna Pedesaan Berbasis Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik ITS, 8(1), E32-E36.

Sutanto, M. A. P. (2018). Pendeteksi Kelembaban Dan Pengering Air Kristal Garam Hasil Dari Pembuatan Garam Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) (Doctoral Dissertation, Undip).

Rudenko, N. (1996). Mesin Pengangkat, Erlangga, Jakarta.

Zainuri, Ach. Muhib. (2010). Mesin Pemindah Bahan, C.V Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v7i1.3918

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140