ANALISA EFISIENSI DAN KAPASITAS MESIN PENGEPRES KALENG MINUMAN BEKAS MENGGUNAKAN MEKANISME TORAK

TEUNGKU YUSUF, LUTHFI LUTHFI, DARMEIN DARMEIN

Sari


Kaleng aluminium banyak digunakan sebagai wadah makanan dan minuman karena sifatnya yang relatif kuat, ringan, mudah dibentuk dan tahan korosi. Aluminium memiliki sifat yang berbeda daripada besi dan baja, saat permukaan aluminium kontak dengan udara, secara alami akan membentuk lapisan aluminium oxide yang akan melindungi alumunium dari korosi . Namun setelah makanan atau minuman habisdikonsumsimakakalengminuman tersebut akan dibuang menjadi sampah kaleng. Konsumsi minuman kaleng di seluruh dunia mencapai 6700 kaleng minuman setiap detiknya atau 200 miliar kaleng minuman per tahun (The World Counts, 2017). Salah satu solusi untuk mengatasi banyaknya sampah kaleng tersebut adalah melakukan daur ulang kaleng minuman. Sering juga kita lihat dalam kehidupan sehari-hari para pengumpul barang bekas khususnya untuk kaleng-kaleng aluminium, untuk mengepres kaleng, mereka melakukannya dengan menginjak ataupun dengan memukul kaleng dengan palu dan kayu agar kaleng bisa hancurkan atau volumenya diperkecil. Hal ini dapat beresiko karena dampak dari penginjakan kaleng dan juga pemukulan dengan palu dan kayu berulang-ulang dengan kemungkinan besar dapat mencederai mereka, terkadang dampaknya sampai menyebabkan cedera. Berdasarkan dampak negatif yang ditimbulkan pada proses pengepressan kaleng, maka dibuat Mesin Pengepres Kaleng Minuman Bekas untuk meningkatkan kecepatan proses pengepressan.

 

Kata kunci : Kaleng, Pengepres kaleng minuman, Mekanisme torak, Efisiensi, Kapasitas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Winandar, Nikolaus 2004 : Mesin Pengepres Kaleng Minuman. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Sularso dan Kiyokatsu suga. (1978). Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v6i2.3334

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140