RANCANG BANGUN ALAT PENABUR PAKAN IKAN

Muhammad Angga Syahputra, Sumardi Sumardi, Zaini Zaini

Sari


Alat penabur pakan ikan adalah alat yang digunakan untuk mengaplikasikan pakan ikan kedalam air untuk membantu dan memudahkan manusia dalam memberi makanan untuk ikan, dalam pemberian makanan untuk ikan di perlukan jadwal 2 kali sehari agar ikan sehat dan airnya juga tidak berubah warna, apabila air berubah maka kesehatan ikan sangat berpengaruh bahkan bisa mengakibatkan gagal panen atau ikannya mati. Oleh karna itu maka di perlukan perhatian khusus terhadap pembudidayakan ikan. Penabur pakan ikan dirancang dalam penelitian ini berfungsi untuk memudahkan kegiatan peternak yang membudidayakan hewan air terutama ikan, juga memudahkan peternak dalam memberi makanan untuk ikan. Biaya produksi yang diperlukan dalam pembuatan alat penabur pakan ikan sebesar Rp 1.038.000,00. Perancangan sistem dan mekanisme alat penggerak perangkat pada alat penabur pakan ikan berfungsi dengan baik.

Kata Kunci: Pakan Ikan, Perancangan, Biaya Produksi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Erlania, R. A. (2010). Dampak Manajemen Pakan dari kegiatan budidaya ikan nila (Oreochoromis niloticus) . J. Prosiding forum inovasi teknologi akuakultur .

Jamil, A. H. (2015, 12 sabtu). Tanaman Serat untuk Pulp dan Kertas Berkualitas. Retrieved 12 sabtu, 2019, from BALITAS: http://balittas.litbang.pertanian.go.id/

Lubis, I. M. (2018). Proses Manufacktur Plastik dan Komposit. Lhokseumawe: Andi.

Nurzanah. (2005). Analisis Komparatif Nilai Gizi dan sifat fisik beberapa merk pelet ikan serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan ikan nila merah. Skripsi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v6i1.2859

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140