RANCANG BANGUN MEKANISME TRANSMISI DAYA KINCIR ANGIN PENGGERAK POMPA AIR MANUAL

Deni Saputra, A. Jannifar, Fakhriza Fakhriza

Sari


Pada sektor pertanian penggunaan pompa air bahan bakar fosil sangat efektif untuk pengairan sawah karena membantu petani dalam proses pengontrolan air disawah sehingga produksi padi akan terus meningkat tetapi penggunaan pompa berbahan bakar fosil memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat seperti meningkatnya biaya produksi. Berdasarkan pengamatan cuaca dalam beberapa tahun terakhir kecepatan angin yang berhembus di kabupaten Bireuen yaitu 4-6 Km/jam, maka dari itu pemanfaatan energi angin sebagai penggerak pompa melalui kincir angin sangat efektif sebagai pengganti pompa berbahan bakar fosil serta dapat mengurangi biaya produksi petani. Pada proses ini Mekanisme atau rangkaian batang penghubung merupakan suatu rangkaian batang penghubung (linkage), mekanisme jenis ini cocok di gunakan dengan memamfaat energi angin dengan menggunkan blade sovonius dengan memamfaatkan kecepatan angin yang rendah. Pada penelitian ini mekanisme transmisi akan di simulasikan menggunakan Software solidwork dan akan membanding blade savonius terbuka dan tertutup. Hasil dari simulasi menggunakan Software solidwork di peroleh semakin ringan blade savonius semakin cepat daya yang hasilkan ke mekanisme penghubung dengan kecepatan angin yang 3/ 6 m/s.

Kata kunci : Mekanisme penghubung, gerakakan rotari, gerakan translasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Embun bening diniari, “Pembagian Waktu dan Perubahan Musim di Indonesia,” 2018. [Online]Available:https://blog.ruangguru.com/ pembagian-waktu-dan-perubahan-musim-diindonesia. [Accessed: 29-Dec-2018].

Serambinews, “Musim Kemarau Bisa Dicegah agar tidak Menjadi Bencana - Serambi Indonesia,” 2018. [Online]. Available: http://aceh.tribunnews.com/2018/02/19/musim

-kemarau-bisa-dicegah-agar-tidak-menjadibencana. [Accessed: 29-Dec-2018]. bencana. [Accessed: 29-Dec-2018].

A.Holowenko,Dinamika Permesinan,Erlangga,Jakarta. 1992.

B. A. Smith, T. Hrycaj, J. V Minervini, and D. B. Montgomery, “Design and Manufacture of the,” vol. 7, no. 2, pp. 469–472, 1997.

Y.I. Nakhoda and C. Saleh, “Rancang Bangun Kincir Angin Sumbu Vertikal Pembangkit Tenaga Listrik Portabel,” pp. 59–68, 2015.

J. E.Matsson, “An Introduction to SolidWorks Flow Simulation 2012,” p. 39, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v6i1.2853

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140