PEMBUATAN CETAKAN PASIR UNTUK MEMPRODUKSI HANDWHEEL BUBUT PINDAD MODEL PL-1000 G DARI BAHAN ALUMINIUM BEKAS

Dedi Rizaldi, Mohd. Arkadius, Hamdani Hamdani

Sari


Perkembangan industri khususnya dibidang teknik pengecoran sangat penting dalam menunjang pembangunan industri di Indonesia khususnya daerah Aceh. Hal ini pada hakekatnya adalah mengurangi ketergantungan pada negara-negara lain dalam kebutuhan industri. Sehingga Indonesia mampu membuat benda-benda dan komponen mesin untuk keperluan dalam negeri ekspor. Dengan sendirinya diharapkan terjadi perkembangan ekonomi dan peningkatan lapangan pekerjaan. Pengecoran (casting) adalah salah satu teknik pembuatan produk dimana logam dicairkan dalam tungku peleburan kemudian dituangkan kedalam rongga cetakan yang serupa dengan bentuk asli dari produk cor yang akan dibuat. Tujuan pembuatan handwheel ini adalah Mampu merencanakan bentuk dan dimensi cetakan handwheel, dapat memilih jenis dan model cetakan yang sesuai, dapat menghitung volume aluminium cair untuk satu buah handwheel dan dapat menghitung waktu pengecoran yang efektif. Metode pembuatan handwheel ini dilakukan dengan menggunakan proses pengecoran dari bahan Aluminium bekas dimulai dari mempersiapkan alat dan bahan pembuatan handwhel, proses pembuatan cetakan beserta pembuatan pola dan proses pembubutan untuk finishing handwheel hasil pengecoran. Hasil pembuatan handwheel dari bahan Aluminium bekas menunjukkan bahwa volume cetakan yang diperlukan sebesar 3,920.00 mm3, Berat cairan Aluminium yang dibutuhkan untuk memproduksi satu buah handwheel sebesar 0,4972 Kg.

Kata Kunci : Pengecoran, Cetakan Pasir, Aluminium Bekas, Handwheel


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kiryanto. (2012). Analisa Sifat Mekanik Paduan Aluminium Sebagai Rangka Jendela Kapal di Perusahaan Pengecoran Logam CV Setia Kawan Kota Tegal dengan Cetakan Tidak Permanen. Jurnal KAPAL Vol. 9 No. 1 Februari 2012.

Surdia, T. (1996). Teknik Pengecoran Logam. Edisi ke-2, Cetakan ke-7. PT Pradnya Paramita : Jakarta.

Sudjana, Hardi. (2008). Teknik Pengecoran Logam I. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan : Jakarta.

Sudjana, Hardi. (2008). Teknik Pengecoran

Logam I. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan : Jakarta.

Saifuddin, Usman dan Zuhaimi. (2018). Pembuatan Gelas dengan Bahan Polypropylene Menggunakan Cetakan Plastik. Jurnal Polimesin Vol. 16 No. 2 Agustus 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v6i1.2850

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140