ANALISA KERUSAKAN HIDROLIK BOOM CYLINDER EXCAVATOR KOMATSU PC200-8 DENGAN MENGGUNAKAN METODE FMEA

Iskandar Iskandar, Adi Saputra Ismy, Sariyusda Sariyusda, Darmein Darmein, Zaini Zaini

Sari


Boom cylinder merupakan salah satu komponen dari front attachment excavator. Komponen ini berfungsi menggerakkan bucket dalam posisi maksimal dengan memanfaatkan oli hidrolik. Boom cylinder akan mengalami penurunan performa kerja jika terdapat masalah dan kerusakan pada inner-parts nya. Gangguan kinerja pada komponen boom cylinder dapat disebabkan oleh beberapa factor, diantaranya kontaminasi yang terjadi komponen boom cylinder, terjadinya kebocoran internal ataupun eksternal, serta terjadinya overhead pada bagian komponen dari boom cylinder . Faktor-faktor tersebut dapat menurunkan daya kerja pada komponen boom cylinder. Sedangkan penyebab kerusakan pada boom cylinder sangat beraneka ragam, hal ini dapat terjadi karena factor-faktor tertentu, diantaranya pada pemakaian unit oleh operator, medan kerja yang curam dan banyak factor penentu lainnya yang mendasari kerusakan pada komponen boom cylinder ini. Masalah kerusakan pada cylinder boon tersebut dapat dikurangi dengan penanganan yang benar, yaitu dengan perawatan yang tepat pada setiap komponen,penyesuaian kapasitas kerja dan menjaga kebersihan oli hidrolik pada sistem.
Kata kunci : Hidrolik Boom Cylinder, Bucket


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Marzuki, ST., M. ENG. 2012 “Analisa Kegagalan (Failure Mode and Effect Analysis)”.

Moubray, jhon. Realibily Centered Maintenance. Edisi ke-2. New York: industrial Press inc.

Yonas dan Moorthty. 2014. Implementation of Machinery Failuer Mode and Effect Analysis in Amraha Pipe Factory P.L.C., Bahir Dar, Ethiopia journal). American Journal of Engineering Research (AJER)

Anonim, 2004. Shop Manual PT.

United Tractors Tbk Medan.

Anonim, 2011. Basic Mechanic

Hydraulic Excavator Komatsu PC200-8 PT. United Tractors Tbk Medan.

Bahtiar S. Abbas, dkk, 2009.

Penjadwalan Preventive Maintenance Mesin B.Flute Pada PT. AMW. Jurnal Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Bina Nusantara Vol. 10 No.2, Oktober 2009: 97-104.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v5i1.2136

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140