KAJI EKSPERIMENTAL DAN ANALISA KINERJA PENUKAR PANAS UDARA TYPE SHELL AND TUBE JENIS ALIRAN BERLAWANAN

Muhammad Furqan, Syukran Syukran, Sariyusda Sariyusda

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju perpindahan kalor dengan melakukan variasi temperatur inlet pada tube dan mengetahui efisiensi efektif pada heat exchanger jenis shell and tube. Alat penukar kalor yang digunakan dalam penelitian ini terbuat dari carbon steel dengan spesifikasi diantaranya yaitu spesifikasi pada shell terdiri dari diameter dalam (IDs) 10”, jumlah baffle (N) 4 buah, fluida yang digunakan berupa udara panas, sedangkan spesifikasi pada tube yaitu diameter luar (ODt) ¾ in, jumlah tube (Nt) 40 buah, panjang tube (L) 70 cm, fluida yang digunakan yaitu udara dingin. Dari data tersebut, heat exchanger ini merupakan heat exchanger yang digunakan untuk proses pemanasan fluida dingin. Heat exchanger tersebut kemudian dilakukan pengujian. Udara dingin dialirkan ke dalam tube dengan kecepatan tetap dan udara panas dialirkan ke dalam shell dengan suhu temperatur berubah 15 menit setelah pengujian pertama yaitu dengan perubahan dari Tcin dan Thin. Dari hasil pengujian didapatkan hasil bahwa jika semakin tinggi nilai faktor kenaikan suhu maka efisiensi Heat exchanger akan semakin meningkat.
Kata Kunci: Alat Penukar Kalor Shell and Tube, Efektifitas, Temperatur fluida masuk


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rk Shah. (2003). Heat Exchanger Permukaan Padat Dan Fluida. University of Kentucky.

Taher., (2003) Jarak Antar Baffle.. International Communications in Heat and Mass Transfer, 50, pp. 25-33.

Bhuiya M.M.K et.al., (2014) Performa Perpindahan Kalor. International Communications in Heat and Mass Transfer, 50, pp. 25-33.

Peiro J.M., (2016). Experimental Thermal and Fluid Science. Volume 14, Issue 4, May 1997, Pages 442-454. Book.

Ikhsan, (2012). Mekanisme Perpindahan Penukaran Panas. Politeknik Negeri Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v4i1.1746

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140