ANALISA SIFAT MEKANIK ALUMINIUM ALLOY 6151 SETELAH MENGALAMI PERLAKUAN PANAS

Desy Permatasari, Zuhaimi Zuhaimi, Ali Jannifar

Sari


Perlakuan panas merupakan suatu proses pemanasan dan pendinginan yang terkontrol, dengan tujuan mengubah sifat fisik dan mekanis dari suatu bahan atau logam sesuai dengan yang diinginkan. Salah satu metode perlakuan panas tersebut adalah dengan proses quenching. Proses ini dilakukan pada temperature 500°C waktu tahan 180 menit kemudian didinginkan dengan media minyak jarak, minyak kelapa, oli dan air. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa nilai kekerasan adalah 96,50 HRC dengan media pendingin minyak jarak. Hasil pengujian tarik memperlihatkan nilai yang diperoleh 41,35 kgf/𝑚𝑚2. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kekerasan setelah dilakukan perlakuan panas dan menurunkan nilai kekuatan tarik. Sementara hasil mikro struktur memperlihatkan bahwa diameter butiran bahan menunjukkan semakin kecil diameter butiran maka sifat mekanis bahan meningkat.
Kata Kunci : Heat Treatment, Aluminium Alloy 6151, Sikat Mekanik, Struktur Mikro


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Beny Hartawan, “Analisis Pengaruh Perlakuan Panas Artificial Aging Pada Aluminium Magnesium Silikon ( Al-Mg-Si ) Yang Dicor Ulang Terhadap Sifat ( Skripsi ) Oleh : Beny Hartawan Jurusan Teknik Mesin Analysis Of The Influence Of Heat Treatment Artificial Aging On Magnesiu,” 2018.

Rohmat Rudianto, “Heat Treatment Pada Aluminium Paduan | Recorded,” 24 Oktober, 2010. [Online]. Available: Https://Matrudian.Wordpress.Com/2010/10/24/Heat-Treatment-Pada-Aluminium-Paduan/. [Accessed: 01-Jul-2019].




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v4i1.1737

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140