Aplikasi Game Kuis Bahasa Inggris : Implementasi Photon Unity Networking dan Algoritma Fisher Yates Shuffle

Mahlil Mahlil, Nurhalimatun Sa’diah, Amri Amri

Sari


Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang banyak digunakan oleh masyarakat Interasional. Belajar Bahasa Inggris bagus jika dipadukan dengan permainan berbetuk kuis karena akan terjadi interaktif secara langsung. Game Bahasa Inggris banyak bermunculan berbasis mobile yang hanya dapat dimainkan secara offline sehingga game hanya dapat dimainkan oleh satu player. Oleh karena itu, penelitian ini menambahkan inovasi game bahasa Inggris yang memungkinkan player untuk bermain secara online bersama beberapa player melalui jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda. Game ini dirancang sebagai media edukasi atau pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan black-box testing dalam pengujian kelayakan sistem. Untuk mengetahui keberhasilan algoritma Fisher-Yates Shuffle dalam pengacakan huruf dan untuk mengetahui keberhasilan multiplayer online dengan menggunakan Photon Unity Networking. Dalam penelitian ini digunakan metode black-box testing, algoritma Fisher-Yates Shuffle dan Photon Unity Networking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan sistem mencapai 100% yang dihasilkan dari 6 pengujian diantaranya yaitu tombol play game, tombol save, tombol about, tombol create/join room, tombol main menu, dan tombol exit. Algoritma Fisher-Yates Shuffle mampu mengacak huruf dengan hasil yang diperoleh pada pengacakan pertama yaitu 26,20,18,24,13,26,1,3,15,18,9,16, sedangkan Photon Unity Networking tidak berhasil diterapkan sehingga tidak dapat menghubungkan dua player ke dalam satu room/lobby yang sama.

Kata Kunci:  game kuis, bahasa inggris, Photon Unity Networking, Fisher-Yates Shuffle

Kata Kunci


game kuis, bahasa inggris, Photon Unity Networking, Fisher-Yates Shuffle

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ananta. YA, (2020). Implementasi Game Kuis Tebak Tangga Nada Jawa dengan Metode Fisher-Yates Shuffle dan Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android [Tugas Akhir, Polinema]. Malang.

Bimantara. T, (2020). Pembuatan Game Puzzle Online dengan Prinsip Kooperatif Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, Volume 5 No.1 Hal 20-33.

Ekojono, 2018. Implementasi Metode Fisher-Yates Shuffle dan Fuzzy Tsukamoto Pada Game 2d Gopoh Berbasis Android. Jurnal Informatika Polinema. 4(3).

Hasan. MA,(2017). Implementasi Algoritma Fisher-Yates untuk Mengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus: Universitas Lancang Kuning Riau)”. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi. 3(2): 291.

Meimaharani, R., dan Listyorini, T, A. 2015. Purwarupa Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Anak Berbasis Android. Systemic information System and Informatics Journal. 1(2): 27-31

Mongi. LS, dkk, (2018). “Rancang Bangun Game Adventure of Unsrat Menggunakan Game Engine Unity” Jurnal Teknik Informatika. 13(1).

Ningrum. CF, (2019). “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(4), 125-130.

Pebrian. R, (2021). Algoritma Linear Congruent Method dan Algoritma Fisher-Yates Shuffle pada Kuis Ketangkasan Berbasis Android. JIPI Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 6(2), 167-177.

Photon, 2019, Regions (Online) Tersedia: https://doc.photonengine.com/realtime/current/connection-and-authentication/regions.

R. Priantama and Y. Priandani, (2019). Implementasi Algoritma Fisher Yates Untuk Pengacakan Soal Pada Aplikasi Mobile Learning Kuis Fiqih Berbasis Android, Nuansa Inform., vol. 13, no. 2, p. 40, 2019, doi: 10.25134/nuansa.v13i2.1951

Sarwodi. SS, (2020). Penerapan Multiplayer pada Gim Tower Defense Menggunakan Photon Unity. Jurnal Pengembangan Informasi dan Ilmu Komputer. 4(9).

Subaeki. B,, (2017). Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle pada Aplikasi Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 2(1).

Suhazli. A, Attariq, Anwar. (2017). Game Puzzle “Numbers in English”Berbasis Android dengan Metode Fisher Yates Shuffle sebagai Pengacak Potongan gambar. Jurnal Infomedia, Vol. 2 No. 1.

Thuan. HTS, (2021). Gim Multiplayer Beat ‘Em Ups Menggunakan Photon Unity Networking. Jurnal Inovasi Teknik dan Edukasi Teknologi 1(10), 2021, 767-776.

Wahyudi. A, 2022 “Action Shooter Synchronous Multiplayer Game Menggunakan Photon Cloud Network Multiplatform” CogITo Smart Journal, 8(1), 102-110.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jim.v9i1.5477

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##