Analisis Jalur Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Penumpang BRT Trans Musi

Lady Yulita Yulita, Irmeilyana Irmeilyana

Abstract


 Abstrak— Trans Musi adalah sistem transportasi berjenis Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Tujuan dikembangkannya BRT Trans Musi adalah dalam rangka menyediakan pelayanan angkutan umum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam pelayanan angkutan umum ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas penumpang yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti langsung, dan harga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang secara signifikan berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kepuasan penumpang Trans Musi serta mengetahui besarnya pengaruh faktor-faktor tersebut dan kepuasan terhadap loyalitas penumpang. Metode yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan data kueioner, model jalur yang terbentuk adalah  = 0,1869 + 0,0616  - 0,0213  + 0,1201  + 0,1948 + 0,1417  +0,6984  dan  = 0,0398 + 0,0985  - 0,0087  - 0,0218  - 0,0488 + 0,0301  + 0,6299 + 0,5461. Hasil penelitian dengan α = 5% menunjukkan bahwa faktor keandalan (X1), faktor keandalan (X5) dan faktor harga (X6) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan penumpang (Y1) dengan besar pengaruh berturut-turut 0,1869, 0,1948 dan 0,1417. Selain itu, faktor kepuasan penumpang (Y1) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas penumpang (Y2) dengan besar pengaruh 0,6299. 

Kata Kunci— Kepuasan Penumpang, Loyalitas Penumpang, Analisis Jalur, Trans Musi.

 

Abstract— Trans Musi is a Bus Rapid Transit (BRT) transport system in Palembang, Indonesia. The purpose of the development of BRT Trans Musi is in order to provide public transportation services in accordance with the needs of the community. In public transport services there are factors that can affect passenger satisfaction and loyalty that is reliability, responsiveness, assurance, empathy, direct evidence, and price. The purpose of this research is to know factors that significantly influence directly or indirectly to passenger satisfaction of Trans Musi and to know the influence of those factors and satisfaction to passenger loyalty. The method used is path analysis. Based on the questionnaire data, the path model formed is   = 0.1869 + 0.0616  – 0.0213  + 0.1201  + 0.1948 + 0.1417  +0.6984  and  = 0.0398 + 0.0985  – 0.0087  – 0.0218  – 0.0488 + 0.0301  + 0.6299 + 0.5461. The result of research with α = 5% indicated that reliability factor (X1), reliability factor (X5) and price factor (X6) had significant effect to passenger satisfaction (Y1) with the influence of 0.1869, 0.1948 and 0.1417 respectively. In addition, passenger satisfaction factor (Y1) significantly influence passenger loyalty (Y2) with a large influence of 0.6299.

Keywords— Passenger Satisfaction, Passenger Loyalty, Path Analysis, Trans Musi.

 


References


T. Wijaya, Manajemen Kualitas Jasa, 2nd ed. Jakarta: PT. Indeks, 2011.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, 3rd ed. Bandung: Alfabeta, 2013.

E. Saribanon, R. Sitanggang, and Amrizal, “Kepuasan pengguna jasa transportasi untuk meningkatkan loyalitas,” J. Manaj. Transp. Logistik, vol. 3, no. 3, 2016.

R. Widyaningtyas, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas serta Dampaknya pada Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Kereta Api Harina (Studi Pada PT. Kereta Api Indonesia DAOP IV Semarang),” Universitas Diponegoro, 2010.

M. Sari, “Analisis Jalur Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Penumpang Kereta Api Kertalaya,” Universitas Sriwijaya, 2017.

J. Sarwono, “Mengenal path analysis : sejarah, pengertian, dan aplikasi,” . J. Ilm. Manaj. Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 285–296, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jim.v3i2.717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Infomedia