Perancangan Prototype Bieapp sebagai Aplikasi Pengenalan B.J Habibie
Abstract
Mengetahui perjuangan tokoh yang telah memberikan kontribusi besar terhadap Indonesia merupakan salah satu cara untuk menghargai dan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme pada bangsa Indonesia khususnya generasi muda. Diperlukan media untuk memperkenalkan perjuangan yang telah dilakukan. Bieapp merupakan aplikasi berbasis mobile yang bisa memberikan informasi mengenai B.J Habibie. Tujuan dilakukannya perancangan prototype ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai B.J Habibie agar terus dikenang. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode prototype yang memiliki 3 tahapan, yaitu pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, dan evaluasi. Perancangan prototype dilakukan dengan menentukan branding guide, perancangan wireframe, pembuatan aset animasi, dan perancangan desain user interface. Evaluasi dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden secara insidental. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, didapatkan bahwa prototype aplikasi Bieapp secara keseluruhan sudah layak dan mendapatkan respon positif dari seluruh responden.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
ROHANI, Rohani. Media pembelajaran. 2019.
R. Dimas. (2019). Medium. [Online]. Tersedia : https://medium.com/dot-intern/sdlc-metode-prototype-8f50322b14bf
F. Muhammad, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android,” Konfiks : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, vol. 7, hal. 27-34, 2020.
A. Helmi dan S. Heri, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphone sebagai Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik di Kalimantan Selatan pada Siswa Sekolah Menengah Atas,” Jurnal HISTORIA, vol. 6, hal 197-206, 2018.
Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Aziza, R.F.A dan Hidayat, Y.T, “Analisa Usability Desain User Interface pada Website Tokopedia Menggunakan Metode Heuristics Evaluation,” Jurnal TEKNOKOMPAK, vol. 13, hal 7-11, 2019
R. Andi, “Perancangan Desain User Interface (UI) Aplikasi Pencari Kost,” Skripsi, Universitas Negeri Makassar, Juni. 2019.
A. A. Arif (2021). School of Information System BINUS. [Online]. Tersedia :
https://sis.binus.ac.id/2021/07/12/2021-ui-trend-glassmorphism/#:~:tex t=Glassmorphism%20sendiri%20adalah%20suatu%20effect,ditemukan
%20pada%20desain%20iOS%207.
P. Mita, “Warna Dingin si Pemberi Nyaman,” Jurnal HUMANIORA, vol. 5, hal. 357-366, 2014.
H. M. Gana, A. I. Nyoman, dan S. I. Wayan, “Kajian Konsep Minimalis, Fungsi, dan Makna Desain User Interface (UI) dalam Aplikasi Seluler Bukaloka,” PRABANGKARA Jurnal Seni Rupa dan Desain, vol. 24, hal. 82-94, 2020.
Kusuma, A. D. (2021). Dicoding. [Online]. Tersedia : https://www.dicoding.com/blog/wireframe-adalah/
Kristanto, V. H. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah:(KTI). Yogyakarta, Indonesia : Deepublish
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jim.v7i2.2974
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yulianti Siti Jamilah, Tassa Sofiyah, Muhammad Erin Nurfauzi, Intan Permata Sari