Rancang Bangun Virtual Reality Mesin Fruit Cages Interactive Sebagai Media Pembelajaran Teknologi Pengolahan Sawit

Safwan Safwan, Mizanul Ahkam, Sumiati Sumiati, Muhammad Rizka

Sari


Abstrak— Pembelajaran sistem kerja mesin Fruit Cages pada teknologi pengolahan sawit saat ini masih menggunakan buku berupa tulisan atau gambar dua dimensi (2D) seringkali membuat pelajar pasif dan kesulitan memahami serta mengimajinasikan materi yang disampaikan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan dalam metode pengajaran dengan menciptakan materi pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, seperti mengaplikasikan animasi 3D. Metode ini diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami pelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan teknologi animasi 3D dalam pendidikan melalui perangkat mobile berbasis Android menggunakan aplikasi Virtual Reality (VR). Aplikasi VR mesin Fruit Cages interactive sebagai media pembelajaran ini efektif untuk pembelajaran terkait proses kerja mesin fruit cages dan memungkinkan pelajar untuk memasuki dunia maya dan melakukan simulasi objek nyata yang diciptakan oleh komputer.

Kata kunci: Virtual Reality, Android, Blender, Unity, Animasi 3D.

 Abstract— Learning the working system of the Fruit Cages machine in palm oil processing technology is currently still using books in the form of writing or two-dimensional (2D) images that often make students passive and have difficulty understanding and imagining the material presented. Therefore, an improvement in teaching methods is needed by creating more exciting and interactive learning materials, such as applying 3D animation. This method is expected to make it easier for students to understand the lesson well. This research aimed to apply 3D animation technology in education through Android-based mobile devices using Virtual Reality (VR) applications. VR application of interactive Fruit Cage machines as learning media is practical for learning related to the working process of fruit cage machines. It allows students to enter the virtual world and simulate natural objects computers create.

Keywords: Virtual Reality, Android, Blender, Unity, 3D Animation

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


P. Studi, T. Informasi, P. Aceh, and B. Aceh, “RANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL REALITY ( VR ) SISTEM TATA SURYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SAINS,” vol. 10, no. 2, pp. 63–68, 2021.

M. S. Nurbadi, “Aplikasi Berbasis Virtual Reality untuk Mendukung Proses Pembelajaran Organ Pencernaan Manusia,” J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 3, pp. 12–15, 2018, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11883

M. Syani, M. Rizky Hadiansyah, E. Ahmad Firdaus, D. Mulyana, and N. Yudi Permana, “Perancangan Aplikasi Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya,” J. Sist. Inf. Galuh, vol. 2, no. 1, pp. 63–70, 2024, doi: 10.25157/jsig.v2i1.3726.

D. Mulia, “Design of Augmented Reality Spot in Aceh Polytechnic Information Technology Program Based on Android,” vol. 7, no. 2, pp. 163–168, 2022, doi: 10.31572/inotera.Vol7.Iss2.2022.ID185.

F. Susilawati, D. Mulia, M. Ahkam, and V. Syahputra, “An Android-based Augmented Reality Application Design for the Physics Book of Grade XII ; Chapter 7 Theory of Relatively,” vol. 8, no. 2, pp. 295–300, 2023, doi: 10.31572/inotera.Vol8.Iss2.2023.ID257.

R. Fadhillah, “Design of Android-Based Augmented Reality Physics Book for Grade XII of High School Chapter 9 Digital Technology,” vol. 8, no. 2, pp. 316–324, 2023, doi: 10.31572/inotera.Vol8.Iss2.2023.ID259.

N. Nuraeni and D. Zaliluddin, “Rancang Bangun Virtual Reality Pemgenalan Tari Daerah di Jawa Barat Pada Sanggar Tari Cineur,” J. IKRA-ITH Inform., vol. 5, no. 2, pp. 18–25, 2021.

T. J. et al James W, Elston D, ““Pembelajaran 3D Sistem Ekskresi Manusia Berbasis Virtual Reality dan Android,” Andrew’s Dis. Ski. Clin. Dermatology., pp. 1–14, 20AD.

C. Hutasoit, “Alat dan proses pengolahan kelapa sawit pt. tasik raja anglo eastern plantation laporan praktek kerja lapangan ii,” J. Alat Dan Proses Pengolah. Kelapa Sawit, vol. 3, no. 8, pp. 1–173, 2021.

M. Syafi, “Aplikasi Berbasis Virtual Reality untuk Mendukung Proses Pembelajaran Organ Pencernaan Manusia Virtual Reality Based Application to Support Learning Process of Human Digestive Organs,” 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jim.v9i1.5628

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##