Rancangan Acak Lengkap untuk Mengetahui Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Penjualan Unique Hijab Bouquet
Sari
Unique Hijab Bouquet adalah salah satu usaha UMKM yang dikembang oleh beberapa mahasiswa Universitas Sriwijaya yang bergerak pada bidang industri kreatif. Pada pendemi Covid 19, Unique Hijab Bouquet mengalami penurunan penjualan yang signifikan sehingga usaha ini mencoba untuk memasarkan produk di media sosial. Media sosial bukan merupakan hal yang baru dalam pemasaran, banyak tokoh-tokoh yang telah menggunakan media sosial, karena media sosial memiliki fitur-fitur yang mendukung dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh media sosial terhadap penjualan Unique Hijab Bouquet dan mengetahui aplikasi yang paling berpengaruh terhadap penjualan Unique Hijab Bouquet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen rancangan acak lengkap dan uji lanjut Duncan Multiple Rang Test (DMRT). Aplikasi Whatsapp, Facebook, Instagram dan penjualan tanpa aplikasi (kontrol lingkungan) yang akan menjadi perlakuan dalam penelitian dan pada perulangan menggunakan data penjualan perminggu. Hasil pengolahan rancangan acak lengkap pada data penjualan Unique Hijab Bouquet dengan menggunakan distribusi F menunjukkan bahwa , F hitung (4.550) > F table (3.10), artinya dengan sebesar 0.05 menyatakan bahwa media sosial memiliki pengaruh dalam penjualan produk Unique Hijab Bouquet. Berdasarkan hasil uji lanjut didapatkan aplikasi yang paling berpengaruh terhadap penjualan Unique Hijab Bouquet adalah Facebook.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A. M. Kaplan and M. Haenlein, “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media,” Bus. Horiz., vol. 53, no. 1, pp. 59–68, 2010.
D. L. Williams, V. L. Crittenden, T. Keo, and P. McCarty, “The use of social media: an exploratory study of usage among digital natives,” J. Public Aff., vol. 12, no. 2, pp. 127–136, 2012.
E. Kurnia, “Media Sosial, Tak Sekadar Jaringan Pertemanan,” kompas, 2020. [Online]. Available: https://bebas.kompas.id /baca/riset/2020/06/17/media-sosial-tak-sekadar-jaringan-pertemanan/#:~:text=Pengguna media sosial di Indonesia,April 2019 dan Januari 2020. [Accessed: 01-Oct-2020].
Y. Akrimi and R. Khemakhem, “What drive consumers to spread the word in social media?,” J. Mark. Res. case Stud., vol. 2012, p. 1, 2012.
V. Z. Rizal and E. E. Lubis, “Social Media Marketing Twitter Dan Brand Image Restoran Burger,” J. Ilmu Komun. FISIP Univ. Riau Pekanbaru, vol. 5, no. 2, pp. 155–165, 2014.
L. Moriansyah, “Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences,” J. Penelit. Komun. dan Opini Publik, vol. 19, no. 3, p. 124068, 2015.
J. Romdonny, M. Lucky, and N. Rosmadi, “Peran Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis,” IKRAITH Ekon. Vol 1 No 2 Bulan Novemb. 2018, vol. 1, no. 1, pp. 25–30, 2018.
W. F. Oktaviani and A. Fatchiya, “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten,” J. Komun. Pembang., vol. 17, no. 1, pp. 13–27, 2019.
S. H. Sudjana, Desain dan AnalisaExperimen. 1994.
M. Lentner and T. Bishop, Experimental design and analysis. Valley Publishers, 1986.
M. R. Wahyuningrum and E. Probosari, “Pengaruh Pemberian Buah Pepaya (Carica Papaya L.) Terhadap Kadar Trigliserida Pada Tikus Sprague Dawley Dengan Hiperkolesterolemia,” J. Nutr. Coll., vol. 1, no. 1, pp. 192–198, 1912.
N. Sudjana, Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya, 2006.
P. D. Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. 2011.
M. Susilawati, Bahan Ajar Perancangan Percobaan. denpasar: universitas udayana, 2015.
D. C. Montgomery, Design and analysis of experiments. John wiley & sons, 1976.
A. A. Mattjik and I. M. Sumertajaya, Perancangan percobaan dengan aplikasi SAS dan Minitab. PT Penerbit IPB Press, 2013.
M. Siska and R. Salam, “Desain Eksperimen Pengaruh Zeolit Terhadap Penurunan Limbah Kadmium,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 11155, no. 18, pp. 173–184, 2012.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jim.v5i2.2102
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##