PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PEER TO PEER LENDING SYARIAH PADA MAHASISWA TATA NIAGA

Atia Tillah, Haris Al Amin, Abdul Halim

Sari


Abstract: This research was conducted on Commerce Students at the Lhokseumawe State Polytechnic. This research aims to determine the influence of financial literacy and accounting information on interest in using sharia peer to peer lending among Commerce Students. In this research, data was collected using tools in the form of observations, interviews and questionnaires for 101 respondents using a simple random sampling technique, which aims to determine the respondents' perceptions of each variable. The type and source of data in this research is quantitative research, primary and secondary data sources. The analysis used includes data instrument tests (validity and reliability tests), multiple linear regression analysis, classical assumption tests (t test, F test, and coefficient of determination). From the research results, it can be seen that the variables of financial literacy and accounting information have a significant or positive effect simultaneously on interest in using sharia peer to peer lending. From the t test, the results showed that financial literacy had a significant effect on using sharia peer to peer lending and my information had a significant effect on interest in using sharia peer to peer lending.

Keywords: Financial Literacy; Accounting Information; Sharia Peer to Peer Lending

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aldila Nur Fadzar., Asep Ramdan Hidayat., & Intan Manggala Wijayanti. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Lending Syariah. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, Volume 6,.

Amanda Rizkita Putri., Bambang Waluyo., & Nuraeni Hadiati Farhani. (2022). Pengaruh Pengetahuan Dan Kepercayaan Pelaku UMKM Wilayah Bogor Terhadap Minat Pembiayaan Melalui Fintech Lending Syariah. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 131–139.

Amanda Rizkita Putri. (2021). Pengaruh Pengetahuan Dan Kepercayaan Pelaku Umkm Wilayah Bogor Terhadap Minat Pembiayaan Melalui Fintech Lending Syariah. Program Studi Keuangan Dan Perbankan Syariah. Politeknik Negeri Jakarta.

Cindy Mutia Annur. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang Hingga Awal 2023.Databooks.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023.

Databoks.katadata.co.id. (2023). Penduduk Indonesia tembus 278 juta jiwa hingga pertengahan 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/13/penduduk-indonesia tembus-278-juta-jiwa-hingga-pertengahan-2023.

Delvira Yuda. (2022). Analisis Tingkat Pengetahuan Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Terhadap Financial Technology (Fintench) Syariah Di Kota Pekanbaru. Program Studi Keuangan Dan Perbankan Syariah. Universitas Islam Riau.

Departemen Of Accounting. (2022). Perkembangan Fintech Syariah di Indonesia. https://accounting.uii.ac.id/perkembangan-fintech-syariah-di-indonesia/.

Dinda Faradila & Abdur Rafik. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan dan Intensi Meminjam dari Pinjaman Online / P2P Lending pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis https://journal.uii.ac.id/selma/index. & Manajemen, 02(03), 63–76.

Fahmi Ahmad Burhan. (2023). Punya Potensi Pasar Besar, Kontribusi Industri Pinjol Syariah Masih https://finansial.bisnis.com/read/20230701/563/1670742/punya-potensi pasar-besar-kontribusi-industri-pinjol-syariah-masih-mini. Mini.

Freddy Kamto. (2023). Perlunya Literasi Keuangan Berbasis Syariah. https://investor.id/finance/326380/perlunya-literasi-keuangan-berbasis-syariah.

Harry Yulianto & Iryani. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan Dan Fintech Syariah Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1, No.5.

Ihda Arifin Faiz. (2020). Fintech Syariah dan Bisnis Digital. In K. Anwaruddin (Ed.), Penerbit: Media Rakyat Nusantara, Yogyakarta (Issue Desember). Media Rakyat Nusantara.

Irma Muzdalifa., Inayah Aulia Rahma., Bella Gita Novalia., Haqiqi Rafsanjani. (2018). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada Umkm Di Indonesia (Pendekatan Keuangan Syariah). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, Vol. 3, No.1.

Laudia Tysara. (2022). Pengertian Informasi Adalah Kumpulan Data yang Berguna, Ini Penjelasan Para Ahli. https://www.liputan6.com/.

Luluk Ulyana. (2022). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dan Pengalaman Usaha Berbasis Syariah Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah. Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Mohammad Faris Mardiana. (2020). Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan, Dan Promosi Terhadap Minat Menggunakan Peer To Peer Lending. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Syekh Nurjati Cirebon.

Nidia Zuraya. (2020). Bisnis Fintech Syariah Belum Bisa Melesat, Ini Penyebabnya. https://ekonomi.republika.co.id/.

Novia Ari Panghayo & Musdholifah. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pemilihan Layanan Keuangan Syariah. Journal of Islamic Economics, Volume 2 N.

Opini, O. (2023). Literasi Keuangan dan Generasi Z. https://edukasi.okezone.com/read/2023/08/10/65/2861492/literasi-keuangan dan-generasi-z PPM SoM. (2023). Akuntansi: Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Proses.

PPM School Of Management Inspiring https://ppmschool.ac.id/pengertian-akuntansi/. Transformation.

Regita Aulia Ramadan. (2020). Pengaruh Pengetahuan Skema Channeling Yang Digunakan P2P Lending Dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan P2P Lending. Politeknik Negeri Jakarta. In Repository.Pnj.Ac.Id.

Rika Anggraeni. (2023). Kinerja Fintech Syariah Ammana Hingga Duha. https://finansial.bisnis.com/read/20230702/563/1670822/kinerja-fintech syariah-ammana-hingga-duha/2.

Safarinda Imani., Mauizhotul Hasanah., & Ika Atikah. (2023). Fintech Syari’ah (E. Damayanti (ed.); Pertama). Widina Bhakti Persada Bandung.

Sandi Kurniawan & Rahma Chandra. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan yang di Mediasi Citra Merek (Studi Kasus E-Wallet DANA di Pabrik Mie). Jurnal Manajemen STEI, Volume 03, 15.

Selvi. (2018). Literasi Keuangan Masyarakat. Ideas Publishing. Gorontalo. Siagian Enisia Laora. Tetra Hidayati. Asnawati (2021). Pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness tehadap repurchase intention yang dimediasi oleh customer trust. 18 (2), 20.

Siti Fithoriah & Ari Pranaditya. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha Dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Pada pelaku UKM di Jalan Karangjati dan Jalan Pringapus Kabupaten Semarang).

Siti Ramadhani Siregar. (2022). Pengaruh Pengetahuan,Kemudahan, Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Di Bank Syari’ah Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Uin Walisongo Semarang Angkatan 2021). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Vira Handayani. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menggunakan Fintech Peer To Peer (P2p) Lending Syariah Pada Generasi Milenial Di Sumatera Barat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nidauz Zakiah. (2020). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Motivasi Kerja Dan Pengalaman Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM (Studi Pada Pelaku UMKM Di Kecamatan Bojong).




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/ekonis.v26i2.6045

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 085220281520
Email: ekonis@pnl.ac.id