Simulasi Teknologi Virtual Reality Untuk Pelayanan Perpustakaan Politeknik Negeri Lhokseumawe Berbasis Android

Munawar Saputra, Husaini Husaini, Amri Amri

Sari


Simulasi yang dilakukan oleh beberapa Institusi pada umumnya hanya menunjukkan desain gambar 3D atau media cetak, jadi agar membuat gambar terlihat lebih nyata maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai spesifiknya gedung perpustakaan Politeknik Negeri Lhokseumawe. Dengan menyiapkan smartphone dan joystick untuk mendukung aplikasi yang telah dibuat, dan menyiapkan kacamata google cardboard. Lalu pengguna dapat langsung menggunakan aplikasi 3D virtual reality yang telah dibuat. Menu-menu yang terdapat dalam aplikasi ini hanya menu, start here, about, dan quit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kecepatan aplikasi saat melakukan pergantian halaman scene yang dijalankan pada smartphone yang berbeda versi RAMnya dan perbandingan keberhasilan aplikasi dijalankan pada beberapa smartphone. Berdasarkan pengujian yang diperoleh nilai kecepatan rata-ratasaat pergantian halaman scene yaitu dari 0,74 detik hingga 10 detik dan aplikasi minimum hanya dapat dijalankan atau dimainkan pada smartphone yang versi RAMnya 3 GB keatas.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.