Sistem Pakar Diagnosa Tingkat Keanduan Game Online Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Web

Khaira Maulida, Mahdi Mahdi, Hendrawaty Hendrawaty

Sari


Sistem ini dibangun menggunakan 20 data gejala dari instrument (IGD-Test 20), yang penalaran sistemnya diproses menggunakan metode fuzzy tsukamoto dengan 6 variable input yaitu salience, withdrawal, tolerance, relepse, conflict, dan mood modification, nilai kategori dari setiap variable sesuai dengan pengetahuan pakar dibidang Psikologi. Hasil dari sistem pakar ini berupa diagnosa tingkat kecanduan game online, nilai script dari metode fuzzy tsukamoto, dan solusi untuk membantu mencegah kecanduan game online yang dimiliki seseorang. Pengujian sistem dilakukan dengan menguji 18 data yang bersumber dari pakar, dimana dari 18 data terdapat 15 data yang sesuai antara hasil pakar dengan output sistem dan mendapatkan persentase keberhasilan sistem sebesar 83%. 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.