Aplikasi Pengaduan dan Aspirasi Masyarakat Kota Lhokseumawe Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Web

Achmad Alkindi, Huzaeni Huzaeni, Azhar Azhar

Sari


Pengaduan dan aspirasi adalah sumber informasi yang diperuntukkan kepada pihak yang berwenang agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakatnya. Namun banyak sekali hambatan yang harus dilalui oleh masyarakat itu sendiri. Mulai dari ketidak tahuan harus melapor kemana, maupun ketidak pedulian dari pihak pemerintah itu sendiri untuk menampung pengaduan ataupun aspirasi dari masyarakat. Berdasarkan pengalaman yang telah ada, penulis mengamati bahwa tidak sedikit masyarakat mengeluh akan kebijakan – kebijakan pemerintah yang diterapkan ataupun melapor bahwa adanya sarana prasarana yang rusak maupun sudah tidak bisa digunakan oleh masyarakat itu sendiri. Oleh sebab itu, penulis berinisiatif merancang sebuah aplikasi berbasis web sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi dan pengaduan dari masyarakat dan juga sebagai media komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi berbasis web sebagai penyaluran aspirasi maupun pengaduan terkait masalah – masalah yang terdapat di Kota Lhokseumawe maupun sekitarnya. Sehingga masyarakat akan lebih mudah dalam menyalurkan pendapat pendapatnya kepada pemerintah, tidak secara langsung tetapi secara online

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.