Aplikasi Monitoring Gangguan Pada Pelanggan Di PT. Telkom Akses Medan Bagian Corporate Customer Access Network (CCAN) Berbasis Web

Safrijul Fahreza, Mahdi Mahdi, Mulyadi Mulyadi

Sari


Pengelolaan data laporan gangguan di PT. Telkom Akses Medan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena data laporan gangguan tersebut merupakan salah satu aset yang penting bagi perusahaan yang dapat digunakan untuk evaluasi dalam meningkatkan performa kinerja perusahaan. Pegelolaan data laporan memiliki permasalah seperti sulitnya memantau status kinerja dari suatu laporan diantara banyaknya laporan yang ada sehingga memakan lebih banyak waktu untuk mencari data laporan sehingga menjadi tidak efektif dan kemungkinan adanya duplikasi pada data laporan, serta menimbulkan ketidaksesuaian data yang ada di lapangan. Oleh karena itu, diperlukan suatu aplikasi monitoring untuk pengelolaan dan pemantauan pada laporan gangguan tersebut agar data laporan dapat dikelola dan dapat digunakan untuk evaluasi perusahaan. Maka dari itu dapat ditarik rumusan masalah dalam merancang dan membangun sistem monitoring gangguan pada pelanggan, bentuk ganggguan apa saja yang ditangani dan bagaimana helpdesk melakukan monitoring. Dalam melakukan monitoring gangguan bentuk – bentuk gangguan yang ditangani sangat dibuthkan dalam pengembangan sistem, dan juga mekanisme monitoring yang akan dilakukan oleh para pekerja. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mempelajari materi yang berhubungan dengan monitoring dari jurnal – jurnal ilmiah dan internet, melakukan pengolahan data kemudian dilanjutkan dengan merancang sistem dan implementasi sistem sehingga pada tahap akhir sistem dapat diuji. Pada implementasi yang telah dilakukan aplikasi ini dapat membantu para helpdesk dan admin dalam mengelola dan memantau status data gangguan yang ditugaskan ke teknisi setiap kali teknisi melakukan update pada data gangguan. Dari penilitan dihasilkan sebuah sistem yang dapat mempermudah pekerjaan helpdesk dan teknisi dalam mengelola dan menerima data perbaikan gnagguan yang dikerjakan.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.