Sistem Antrian Menggunakan QR-Code Pada Klinik Husada Lhoksukon
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menghemat waktu pasien dalam mengantri pada klinik. Manfaat penelitian ini dapat menghemat waktu pasien dalam proses pelayanan antrian, dikarenakan banyak pasien yang mengantri akan menimbulkan antrian yang panjang dalam proses pelayanan, hal itu tidak efisien karena waktu yang bisa digunakan untuk istirahat atau kegiatan lain habis untuk menunggu. Dari permasalahan tersebut, dapat dibuat sistem antrian. sistem ini dilengkapi dengan QR-Code, sebelumnya klinik husada menggunakan antrian secara manual, cara tersebut memaksa calon pasien harus mendaftar dengan cara mendatangi langsung klinik untuk mengambil nomor antrian di bagian pendaftaran. Sistem ini menyebabkan ketidak nyamanan terhadap calon pasien karena harus menunggu lama untuk dipanggil sesuai dengan urutan nomor antrian. Selain itu, jam operasional klinik tidak mencukupi untuk melayani calon pasien yang akan berobat pada hari yang bersangkutan karena pasien terlalu banyak, dengan adanya sistem antrian ini diharapkan dapat menghemat waktu dalam proses antrian. Metode penelitian menggunakan model antrian single channel Single phase. Hasil penelitian ini proses pelayanan pasien membutuhkan waktu 5 menit dan waktu tunggu pasien 10 menit total pasien membutuhkan waktu 15 menit penelitian ini berupa aplikasi yang dapat di pasang pada smartphone Android.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.