Choices of Language Learning Strategies and the TOEFL Score Achieved by Indonesian EFL Learners
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi belajar bahasa Inggris yang digunakan oleh mahasiswa jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe dalam meningkatkan ketrampilan membaca dalam bahasa Inggris. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang sudah mengikuti tes TOEFL sebagai persiapan pendaftaran pada program internasional. Sebanyak 9 mahasiswa diberikan kuesioner dengan 3 Likert scale. Kuesioner berisi 20 pernyataan dan mahasiswa diminta memilih frekuensi penerapan setiap strategi. 20 pernyataan yang diberikan memuat 3 strategi yaitu cognitive, metacognitive dan social. Data dianalisa dengan menghitung persentase mahasiswa yang menggunakan strategi tertentu dengan frekuensi tertentu. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa yang menerapkan strategi cognitive lebih banyak, diikuti dengan metacognitive dan social. Mahasiswa yang mendapatkan skor tinggi menerapkan semua strategi, tapi menerapkan strategi cognitive lebih sering sedangkan dua strategi lainnya diterapkan kadang-kadang. Mahasiswa yang berhasil dengan nilai skor yang tinggi dapat dijadikan sebagai model atau contoh bagi pemelajar lain yang masih mengalami kesulitan dalam meningkatkan skil membaca dalam bahasa Inggris. Walaupun pemilihan strategi setiap pemelajar berbeda, dosen dapat membantu mahasiswa untuk menggugah dan membuat pemelajar secara sadar menerapkan strategi belajar dalam mencapai keterampilan yang ditargetkan. Dosen perlu mengajarkan semua strategi yang dapat diterapkan dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan mahasiswa disarankan untuk memilih strategi tertentu yang cocok dengan pilihan gaya belajarnya.
Kata kunci: strategi belajar reading, skor tes TOEFL
DOI: https://doi.org/10.30811/bissotek.v12i1.2999
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alfian. (2021). The favored language learning strategies of Islamic university EFL learners. Studies in English Language and Education, 8(1), 47-64.
Bebahadi, F., & Behfrouz, B. (2013). Learning Styles and Characteristics of Good Language Learners in the Iranian Context (A Study on IELTS Participants). International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4 (2), 41-49.
Fithriyah, Kasim, U., & Yusuf, Y.Q. (2019). The Language Learning Strategies Used by Learners Studying Arabic and English as Foreign Languages. Dirasat, Human and Social Sciences, Volume 46, No. 1, 310-321.
Griffiths, C. (2013). The strategy factor in successful language learning. Multilingual Matters.
Griffiths, C., & Cansiz, G. (2015). Language learning strategies: A holistic view. Studies in Second Language Learning and Teaching, 5(3), 473-493.
Habok, A., & Magyar, A. (2018). The effect of language learning strategies on proficiency, attitudes and school achievement. Frontiers in Psychology, 8(2358), 1-8.
Macaro, E. (2001). Learning Strategies in foreign and second language classrooms. London: Continuum.
Oxford, R. (1990). Language learning strategies. What every teacher should know. Newbury House. Oxford, R. (2003). Language learning styles and strategies: Concepts and relationships. IRAL, 41(1), 271-278.
Oxford, R. (2003). Language learning styles and strategies: An Overview. Learning style and Strategies/Oxford GALA, 1-25.
Scarcella, R. & Oxford, R., (1992): The Tapestry of Language Learning: The Individual in the Communicative Classroom. Boston: Heinle & Heinle.
Sukying, A. (2021). Choices of Language Learning Strategies and English Proficiency of EFL University Learners. LEARN Journal: Language Education and Acquisition Research Network Journal: Vol. 14, No. 2, 59-87.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
: | bissotek@pnl.ac.id | |
Sekretariat | : | Lantai 2 Gedung Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe, Aceh, Indonesia. |