ANALISA PERUBAHAN BEBAN TERHADAP TEGANGAN PADA GENERATOR TURBIN GAS / GTG 15 MW (GI- 7001) MENGUNAKAN AUTOMATIC VOLTAGE REGULATOR (AVR) BERBASIS MATLAB

Difa Amalia, Radiah Radiah, Suprihardi Suprihardi

Sari


Abstrak —PT Pupuk Iskandar Muda mensuplay listrik dari beberapa generator sebagai sumber tenaga pembangkit listrik yang dapat di sebutkan di antaranya adalah main generator (gi-7001), stand by generator (gi-7002), emergency generator (gh-7001) di antara generator tersebut memiliki fungsi masing masing serta perlu pengendalian dalam system generator turbin gas agar beban di terima sesuai dengan kerja generator. Salah satu piranti yang digunakan untuk mengendalikan tegangan pada generator adalah pengendali eksitasi dengan pengatur tegangan otomatis (AVR). Fungsi AVR ini untuk mempertahankan nilai tegangan keluaran generator turbin gas pada tingkat tertentu.untuk menjaga nilai tegangan yang disesuaikan dengan beban dengan memasukan nilai PID kontrol dengan parameter kp = 4,55, ki= 201 dan kd = 2,6  pada avr sehingga pada saat beban naik menjadi 17 MW avr akan mengontrol tegangan supplay dengan bantuan tegangan exitasi, sehingga dapat menyesuaikan tegangan sesuai dengan kebutuhan beban sedangkan pada  saat beban turun secara tiba tiba maka avr akan menurunkan tegangan dan akan menyesuaikan dengan beban.

Kata kunci: Generator, AVR,PID

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI.

Kamal, Muhammad. 2010. Dasar Sistem Kendali Modul Ajar Program Studi Instrumentasi dan Otomasi Industri Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Mohammad noer.(2017). Untuk Mengetahui Nilai Efisiensi Generator Dan Rugi Daya Pada PLTG Borang, dilakukan perhitungan secara manual serta menggunakan software MATLAB.

Ogata, Katsuhiko. 1997. Teknik Kontrol Automatic (Sistem Pengaturan). Jilid I, Terjemahan Edi Laksono. Bandung : Erlangga.

Suprihardi.(2020). AVR Untuk Mengatur Tegangan Eksitasi Agar Tegangan Generator Tetap Dan Stabil




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v6i2.3734

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##