ANALISIS PATH LOSS DENGAN MODEL MACRO-CELL PADA KOMUNIKASI BERGERAK 4G LTE DI KOTA LHOKSEUMAWE

Maisarah Maisarah, Muhammad Syahroni, Anita Fauziah

Sari


Abstrak —Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh path loss dengan model Macro-Cell pada komunikasi bergerak 4G LTE yang di pengaruhi oleh keadaan lingkungan kanal radio tersebut. Path loss merupakan proses terjadinya penurunan level daya gelombang saat merambat dari pemancar ke penerima. Penelitian ini menggunakan model path loss Macro-cell untuk menghitung path loss atau rugi propagasi pada setiap daerah pengukuran dengan  menggunakan aplikasi Network Cell Info  Lite kemudian hasil yang diperoleh dibandingkan dengan perhitungan model path loss Macro-cell. Penelitian ini dilakukan pada siang hari selama seminggu. Berdasarkan hasil pengukuran RSRP pada BTS 1 dan BTS 2 didapatkan nilai RSRP lebih besar dari -98 dBm, dimana menurut standar nilai signal strength RSRP nilai tersebut berada pada kategori sangat baik. Pada pemodelan Macro-Cell ini nilai path loss rata-rata yang didistribusikan normal oleh jarak dan frekuensi dengan nilai path loss terkecil sebesar 89.88 dB dan nilai path loss terbesar yaitu 115.08 dB. Pada pengukuran BTS 1 nilai path loss terbesar didapatkan sebesar 133 db dan nilai path loss terkecil adalah sebesar 106.57 dB, Sedangkan pada BTS 2 menghasilkan nilai path loss untuk terbesar yaitu 127.14 dB dan yang terkecil sebesar 111.57 dB. Pada BTS 1 nilai error path loss yang paling sedikit adalah 7% dan yang terbanyak yaitu sebesar 16%. Sedangkan untuk BTS 2 error yang terkecil yaitu 8% dan yang terbesar adalah 19.4%. Setiap BTS memiliki nilai rata-rata error path loss yang berbeda, pada BTS 1 memiliki error path loss sebanyak 9.22% sedangkan pada BTS 2 mempunyai nilai error path loss sebesar 11.11%. Maka dapat diketahui bahwa BTS 1 nilai rata-rata error path lossnya lebih kecil dari pada nilai rata-rata error path loss BTS 2.

Kata-kata kunci: Path Loss, Macro-Cell, RSRP, Error

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Usman, Uke Kurniawan. Propagasi Gelombang Radio Pada Teknologi Seluler. (Tugas akhir Mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Program Studi Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom), Karya tidak diterbitkan.

Efiyendro, Rendi dan Yusnita Rahayu. 2017. Analisa perbandingan kuat sinyal 4G LTE antara operator Telkomsel dan XL Axiata berdasarkan paramater Drive test menggunakan Software G-Net Track Pro diarea jalan protokol panam. Jom FTEKNIK Volume 4 No. 2.

Lina, Mubarok, DKK. Pengukuran Dan Perhitungan Pathloss Eksponen Untuk Claster Residances,Centar Business Distrik (CBD) DanPerkantoran Di Daerah Urban. (Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Telekomunikasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), Karya tidak diterbitkan.

T.S Rappaport pada tahun 2001 dalam bukunya Wireless communications –Principles and practice, 2nd Edition, Prentice Hall.

Alfaresi,Bengawan. Analisa Path Loss Radio Jaringan 5G frekuensi High band 26 GHz dengan Model 3GPP ETSI. (Tugas akhir Mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Palembang), Karya tidak diterbitkan.

Khan Faruq pada tahun April 20, 2009 dalam bukunya LTE For 4G Mobile Broadband. Amerika: Cambridge university press; 1st edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v6i2.3731

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##