STUDI PENGGUNAAN DUA ISP DENGAN LOAD BALANCING DAN FAILOVER UNTUK MENINGKATKAN KINERJA JARINGAN BERBASIS ROUTER MIKROTIK

Khalil Azmi, Syamsul Syamsul, Fakhrurrazi Fakhrurrazi

Sari


Abstrak —Load balancing merupakan teknik mendistribusikan beban trafik koneksi dengan memanfaatkan dua jalur koneksi atau lebih secara seimbang, Sedangkan failover merupakan teknik mengalihkan jalur ISP utama yang mengalami down ke jalur ISP backup secara otomatis. Kedua teknik tersebut sering digunakan untuk manajemen server. Teknik load balancing metode per connection classifier dengan failover metode check gateway, diimplementasikan pada jaringan local area network (LAN) berbasis router mikrotik RB951UI menggunakan jaringan GSM. Dari implementasi ini memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan seperti koneksi internet terputus maupun overload sehingga meningkatkan kinerja jaringan. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan agar mengoptimalkan penggunaan dua jalur ISP dan juga mengetahui efektifitas dari kedua teknik tersebut. Parameter yang diuji adalah nilai throughput, delay dan packet loss, dengan 2 client melakukan upload dan download file video berukuran 50 MB, 100 MB, 150 MB pada saat jaringan dalam keadaan sepi dan sibuk. Hasil penelitian menunjukkan performansi jaringan dari pengukuran QOS secara keseluruhan sistem yaitu load balancing dan failover dengan parameter throughput, delay dan packet loss, hasil yang didapati dari ketiga parameter tersebut tergolong ke dalam kategori sangat bagus berdasarkan standar TIPHON. Dari tinjaun hasil pengukuran parameter throughput, delay dan packet loss, pada jaringan sepi teknik failover menghasilkan kinerja yang efektif, sementara untuk jaringan sibuk kinerja dari teknik load balancing yang lebih efektif. Adapun waktu peralihan dari ISP utama ke ISP backup rata-rata waktu yang dibutuhkan minimum 22,7 detik dan waktu maksimum 24 detik. Kemudian hasil traceroute ke alamat IP yang berbeda didapati dalam kondisi load balancing kedua client melalui jalur gateway ISP berbeda. Sementara dalam kondisi  failover kedua client melalui gateway ISP yang sama.

 

Kata Kunci: Load Balancing, PCC, Failover, LAN, Mikrotik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Afrianto, M. (2018). “Sistem Backup Konfigurasi Router Secara Otomatis Dengan Shell Script”,(Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas 17 Agustus). Karya tidak di terbitkan.

Setiawan, O. (2021). “Implementasi Failover Dengan Metode Recursive Gateway Pada Jaringan Local Area Network (LAN) Berbasis Router Mikrotik RB951UI”, (Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe). Karya tidak di terbitkan.

Dani, R., & Fajar Suryawan, S. T. (2017). Perancangan dan Pengujian Load Balancing dan Failover Menggunakan NginX (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Citraweb Solusi Teknologi.2020.Load Balance dengan Menggunakan Metode PCC.(online) Tersedia: https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=417,

Idcloudhost. 11 Oktober 2021. Mengenal Apa Itu Load Balancing, Algoritma/Metode dan Manfaatnya.(online)

Tersedia:

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-load-balancing-algoritma-metode-dan-manfaatnya/,

Putra, R. A. (2014). Rancang Bangun Access Point Menggunakan Empat Perangkat NanoStation2 Loco (NS2L) pada Outdoor Hotspot System. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v6i2.3729

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##