RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING PENGGUNAAN AIR PDAM MENGGUNAKAN PLATFORM MIT APP INVENTOR DAN MySQL BERBASIS IoT

Farah Diba, Rachmawati Rachmawati, Raisah Hayati

Sari


Abstrak —Di berbagai aspek kehidupan, air merupakan kebutuhan sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan dari pola hidup manusia sehingga pada daerah-daerah tertentu terdapat sebuah perusahaan untuk mensupply kebutuhan air bersih. Untuk memudahkan pemantauan penggunaan debit air dan total biaya yang dikeluarkan, pada penelitian ini akan dirancang sebuah alat untuk memonitoring penggunaan jumlah debit air dan total biaya yang dikeluarkan berbasis IoT, sehingga proses monitoring bisa dilakukan dimana saja menggunakan smartphone. Dari hasil pengujian pengukuran penggunaan debit air diperoleh nilai rata-rata persentase error sebesar 2,4% .Sedangkan untuk pengujian persentase error pada pengukuran biaya penggunaan diperoleh nilai rata-rata persentase error sebesar 1,5 %. Untuk pengujian QOS, Throughput didapatkan rata-rata sebesar 92.761,5 kbps dimana hasil tersebut masuk kedalam kategori sangat bagus, Untuk pengujian packet loss didapatkan rata-rata sebesar 0,71% dimana hasil tersebut juga masuk kedalam kategori sangat bagus, sedangkan untuk hasil pengujian delay didapatkan rata-rata sebesar 151,21 ms, dimana hasil tersebut masuk kedalam kategori bagus

Kata Kunci :  Air PDAM, IoT, NodeMCU ESP-8266, Water Flow Sensor


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Cyntia Widiasari, S.ST.,M.T. 2021. Rancang Bangun Sistem Monitoring Penggunaan Air PDAM Berbasis IoT. [e-Jurnal]. Politeknik Caltex Riau. Riau.

Arival Rinaldi, S.KOM. 2020. Internet of Thinks.Online. https://www.smkn4tangsel.sch.id/read/7/artikel-internet-of-things/ Diakses 20 Januari 2022.

Sinauarduino. (2016). Mengenal Arduino Software (IDE) [online]. https://www.sinauarduino.com/artikel/mengenal-arduino-software-ide/ Diakses 24 Januari 2022.

Yasin K. 2019. Pengertian MySQL, Fungsi, dan Cara Kerjanya (Lengkap) [online]. https://www.niagahoster.co.id/blog/mysql-adalah/ Diakses 1 Februari 2022.

Krysna Yudha Maulana. (2021). Buat Aplikasi Android Menggunakan MIT App Inventor Cocok Untuk Pemula [online]. https://www.anakteknik.co.id/krysnayudhamaulana/articles/buataplikasi-android-menggunakan-mit-app-inventor-cocok-untuk-pemula/ Diakses 28 Januari 2022.

Tresna Widiyaman. (2020). Mengenal Modul NodeMCU ESP8266, Sikecil yang handal untuk IoT [online]. https://www.warriornux .com/mengenal-nodemcu-esp8266-iot/ Diakses 24 Januari 2022.

Amin Suharjono. 2021. Aplikasi Sensor Flow Water Untuk Mengukur Penggunaan Air Pelanggan Secara Digital Serta Pengiriman Data Secara Otomatis Pada PDAM Kota Semarang. [e-Jurnal]. Politeknik Negeri Semarang. Semarang, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v6i2.3728

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##