RANCANG BANGUN KONTROL SUHU DAN KELEMBABAN PADA INKUBATOR ANAK AYAM

Faris Maulana, Jamaluddin Jamaluddin, Azhar Azhar

Sari


Abstrak —Mewujudkan ayam ternak yang sehat, berarti memenuhi dengan baik kebutuhan ternak dari mulai kualitas pakan, air minum,  Keadaan lingkungan yang mendukung, vaksin, dan seterusnya. Keadaan lingkungan kandang yang mendukung salah satunya mencakup suhu yang sesuai. Meski sistem pengaturan suhu tubuh Anak ayam bersifat homeotermik (relatif stabil), ayam perlu setidaknya berumur dua minggu untuk dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri. Untuk itu,  peran peternak amat penting dalam menyediakan kandang dengan suhu yang sesuai dengan kebutuhan ayam, terutama di periode starter. Jika suhu dan kelembaban kandang tidak nyaman bagi ayam, maka respon atau reaksi yang muncul bisa beragam. Tingkah laku yang muncul bisa berupa ayam berdiam diri, meringkuk, atau berkerumun di bawah brooder. Apabila suhu terlalu panas dan terlalu dingin, maka ayam bisa mengalami kematian mendadak. Tujuan dari perancangan pengontrolan suhu dan kelembaban pada  inkubator anak ayam ini untuk  menjaga suhu anak ayam  tetap stabil  maka penulis  merancang peralatan ini agar dapat membantu para peternak dalam pengontrolan suhu dan kelembaban pada inkubator berbasis lilytech ZL-7901A, dimana pemanas berupa dua buah  lampu pijar yang terhubung ke Solid State Relay(SSR) kemudian mengunakan satu buah mistmaker yang terhubung ke relay sebagai kabut penaik kelembaban dan dua buah blower yang berguna untuk menyebarkan kabut ke inkubator dan untuk membuang udara dari dalam. Dengan pengontrolan histerisis menggunakan lilytech ZL-7901A, yang akan  menjaga suhu di 32  dan kelembaban 65% selama 14 hari.

 

Kata-kata kunci : inkubator, lilytech ZL-7901A, suhu, kelembaban, histerisis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Fauzi, A. (2017). Sistem Kontrol Suhu Ruangan Pada Inkubator Anak Ayam Menggunakan Esp Wemos Di Berbasis Iot(Studi Kasus Peternakan Ayam Bpk.Wuwus).

Saputra, J. S., & Siswanto, S. (2020). Prototype Sistem Monitoring Suhu Dan Kelembaban Pada Kandang Ayam Broiler Berbasis Internet of Things. PROSISKO : Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 7(1).

Wakidah, R. N. (2022). Sistem Pengontrolan Suhu Pada Proses Budidaya Black Slodier Fly (Bsf) Sebagai Alternatif Pengurangan SampahOrganik. JurnalQua Teknika, 12(01), 17-24.

Kaleka, M. B. U. (2017). Thermistor Sebagai

Sensor Suhu. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 8-11.

Fernández, M., Perpina, X., Rebollo, J., Vellvehi, M., Sanchez, D., Cabeza, T., ... & Jorda, X. (2018). Solid-state relay solutions for induction cooking applications based on advanced power semiconductor devices. IEEE Transactions on Industrial Electronics, 66(3), 1832-1841.

Iswahyudi, D., Anshory, I., & Jamaaluddin, J. (2020). Rancang Bangun Alat Pengontrol Kelembaban Udara Pada Budidaya Jamur Menggunakan Arduino Uno Dan Ultrasonik MistMaker. J. Elektron. List. Telekomun. Komputer, Inform. Sist. Kontrol, 2(1), 28-37.

Nady, Z. S., Jafri, M., & Gusnawati, G. (2014).

Analisis Efiseinsi Kolektor Surya Pelat Gelombang Tipe U Terhadap Variasi Inggi Gelombang Dan Tegangan Adaptor. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana (LJTMU), 1(1), 59- 66.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v6i2.3725

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##