STUDI PENGGUNAAN RELE DAYA BALIK PADA GENERATOR 18 MW DI PLTMG PT. SUMBERDAYA SEWATAMA SUMBAGUT-2 PEAKER

Aja Susandi, Mahalla Mahalla, Suprihardi Suprihardi

Sari


Abstrak Penggunaan relay daya balik pada suatu pembangkit harus sangat di perhatikan dikarenakan jika terjadi daya balik yang dapat merusak generator tersebut, akan mengakibatkan pembangkit tersebut tidak dapat menghasilkan listrik.Gangguan-gangguan yang terjadi pada generator akan menyebabkan daya balik. Akibat yang ditimbulkan oleh daya balik generator akan mengalami kerusakan dan sistem mengalami pemadaman total. Oleh sebab itu dipasanglah rele daya balik untuk mendeteksi aliran daya balik dari sistem ke generator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui setingan rele daya balik serta mengetahui perhitungan rele daya balik pada PLTMG Sumbagut-2 Peaker. Metode yang digunakan adalah perhitungan secara manual dengan mengumpulkan data-data berupa data setingan daya balik dan spesifikasi generator. Berdasarkan hasil perhitungan yang didapat, nilai daya balik pada data memilik perberdaan dengan yang diperhitungkan ini dikarenakan harus menghitung nilai rasio Current Transformer (CT) dan Potential Transformer (PT) dan lain-lain sehingga hasil dari perhitungan berbeda. Hasil perhitungan yang didapat untuk setingan rele daya balik utama adalah 552,45 kW dengan nilai setting 3% dan setingan rele daya balik back up dengan nilai 1.597,53 kVAr pada setingan 14%.

 

Kata-kata kunci: Generator, Rele Daya Balik, CT, PT, Circuit Breaker


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rayyan,Muhammad. 2020. Evaluasi Pengendalian Output Generator Menggunakan System Eksitasi Tanpa Sikat di PLTMG Arun. Institut Teknologi Pln.

Putri, Amelia Monica. 2020. Studi Pengaruh Pembebanan Terhadap Efesiensi Transformator 60 MVA di PLTMG Sumbagut 2 Peaker 250 MW. Jurnal Teknik Elektro.

Subianto. 2015. Analisis Rele Proteksi Reverse Power Pada Generator. Jurnal Teknik Elektro.

Devadig, S. K. & Amprameya K. S. 2015. Motoring Protection Model Implementations and simulation for Generation. IJREEICE, 3(8), P 83.

Aman, M. 2012. Modeling and Simulation of Reverse Power Relay for Generator Protection. IEEE 2012 International Power Engineering and Optimization Conference (PEOCO2012), Melaka, Malaysia: June 2012.

Marsudi, Djiteng. 2005. Pembangkitan Energi Listrik. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v5i2.3110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##