PERANCANGAN PROTOTYPE PENDETEKSI LEVEL AIR DAN CURAH HUJAN MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM BERBASIS ARDUINO WEMOS

Deri Khadri, Fakhrurrazi Fakhrurrazi, Anita Fauziah

Sari


AbstrakCurah hujan adalah jumlah air hujan yang turun pada suatu daerah dalam waktu tertentu. Tingginya curah hujan ini menyebabkan debit aliran sungai tidak dapat menampung aliran air sungai, sehingga dapat menyebabkan bencana banjir dan sampai mengakibatkan tanah longsor. Dalam penelitian ini untuk mendeteksi level air dan curah hujan peneliti menggunakan Arduino Wemos untuk mengolah data sensor, yang dimana sensor ultrasonic bekerja untuk mendeteksi level air dalam satuan Cm dan sensor rain gauge berfungsi untuk mendeksi curah hujan dalam satuan mm. Data pembacaan dari sensor dikirim ke database PHP My Admin dan juga dapat diakses pada bot aplikasi telegram yang sudah peneliti rancang. Dalam pengujian ini peneliti menguji hujan per/Jam, kategori hujan ringan (1 - 5 mm), sedang (5 - 10 mm), dan lebat (10 - 20 mm). Dan untuk kategori level air : Aman (4 - 8 Cm), Waspada (8 - 12 Cm) dan Bahaya (lebih dari 12 Cm). Dari rata-rata delay (ms) yang diukur waktu yang tercepat dalam pengiriman notifikasi terdapat pada pengujian kedua, dengan delay sebesar 228.4 ms atau dalam kategori “bagus” menurut standarisasi TIPHON.

Kata Kunci : Arduino Wemos, Sensor Ultrasonic, Sensor rain gauge, Telegram, PhP My Admin, Quality of Services, 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hujan : Muttaqin, Mishbahul. Prediksi Curah Hujan Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation. Diss. University of Muhammadiyah Malang, 2018.

IOT : Gany, Audyati. "Pengembangan Teknologi IoT Melalui Metode Demonstrasi dan Ekperimen Bagi Siswa SMA X di Kota Bandung." SOEROPATI 2.2 (2020): 141-154.

Saputro, T.T. (2017). Wemos D1, Board ESP8266 Yang Kompatible dengan Arduino.

Nugraha, Novemidu Wilis, and Basuki Rahmat. "Sistem Pemberian Makanan Dan Minuman Kucing Menggunakan Arduino." SCAN-Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 13.3 (2018): 41-48.

Sinuraya, B., & Tarigan, H. B. P. (2016). Sistem monitoring jaringan wifi menggunakan wireshark pada stmik kni kristen neumann indonesia. Publikasi ilmiah teknologi informasi neumann (PITIN), 31-35.

Qamar, K., & Riyadi, S. (2018). Efektivitas blended learning menggunakan aplikasi telegram. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(1), 1-15.

Christian, J., & Komar, N. (2013). Prototipe Sistem Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Menggunakan Sensor Gas MQ2, Board Arduino Duemilanove, Buzzer, dan Arduino GSM Shield pada PT. Alfa Retailindo (Carrefour Pasar Minggu). Jurnal TICom, 2(1), 92830.

Sofwan, A. (2007). Belajar Mysql dengan PhP My Admin. Fakuktas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v5i2.3095

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##