PERANCANGAN PENGENDALIAN LEVEL PADA EXPANSION VESSEL VEA 011 MENGGUNAKAN DCS CENTUM CS 3000 DI PLTMG SUMBAGUT-2 PEAKER

Pricilia Rani Ramandha, Muhaimin Muhaimin, Rusli Rusli

Sari


AbstrakSistem pengisian air pendingin pada engine terdiri dari beberapa unit pengolahan yang disimpan di maintenance tank dan kemudian di distribusikan ke Expansion Vessel sebagai penampungan terakhir bagi kebutuhan engine ketika beroperasi. Ketinggian level dalam Expansion dijaga pada kondisi normal 70%-95%  dan alarm trip 30% yaitu pada kondisi cooling water expansion low. Pada pengisian Expansion Vessel dari maintenance tank untuk pengoperasian pompa masih dilakukan secara manual dan belum ada pemantauannya. Penelitian ini memodelkan penggunaan pengendalian otomatis untuk mengatur proses pengisian Expansion vessel VEA 011. Pengendalian yang digunakan yaitu pengendalian PI yang berguna untuk mendapatkan kestabilan sistem pengisian Expansion Vessel dan simulasi dilakukan dengan menggunakan DCS dan software MatLab. Hasil pengujian yang didapatkan dari metode tuning pengendali dan hasil performansi pada MatLab menggunakan metode Ziegler-Nichols, Shinskey dan Tyreus-Luyben tidak cocok diterapkan untuk pengendalian ini. Kemudian dengan menggunakan metode Trial & Error dengan nilai Kp = 1000 dan Ki = 1 menghasilkan sistem yang stabil. Tanggapan sistem menggunakan DCS, settling time  yang dibutuhkan untuk mencapai nilai setpoint yaitu selama (ts) = 1 menit dan tidak adanya overshoot. Sedangkan pada MatLab, lewatan maksimum 21% dengan waktu naik (tr) = 4,1932  detik dan settling time (ts ) = 12,4172 detik.

Kata-kata kunci: Expansion Vessel, level,  Ziegler-Nichols, Shinskey, Tyreus-Luyben dan Trial & Error


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rismawan, Agung (2015). Konsep Sistem Loop Terbuka dan Tertutup.

Dharmawijaya, (2017). Distributed Control System.

Ali, Muhammad. (2013). Fungsi dan Cara Kerja DCS, Modul Ajar Sistem Kendali Terdistribusi Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta.

Arita, (2019). Pengertian Valve Tipe Globe (Online). Tersedia : https://alvindocs.com › news-events › read › carakerja-control-valve

Ogata, Katsuhiko. 1997. Teknik Kontrol Automatic (sistem pengaturan). Jilid I, Terjemahan Edi Laksono. Bandung : Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v5i2.3089

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##