ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QoS) LAYANAN JARINGAN DATA INTERNET PADA GAME ONLINE

Akbar Rizki, Muhammad Muhammad, Nasri Nasri

Sari


Abstrak Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas jaringan internet disaat 1 s/d 8 bermain game online secara bersamaan dalam satu jaringan yang sama. Menggunakan indikator  performa jaringan untuk mengetahui layanan jaringan data internet pada game online. Quality of Service adalah kemampuan dalam menyediakan peformasi dari jaringan komputer dalam penyediaan layanan kepada aplikasi-aplikasi di dalam jaringan komputer tersebut sehingga menentukan tingkat kepuasan dari pengguna yang menggunakan jaringan tersebut. Parameter  Quality of Service yang digunakan ada 3 yaitu  Bandwidth, Delay dan Packet Loss. Hasilnya dapat disimpulkan bawah untuk indek  Quality Of Service  ( QoS ) adalah 4 ( sangat memuaskan ) dengan angka Persentasenya sekitar 97 %.

 

Kata Kunci Quality of Service ,Game Online , Layanan jaringan internet


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[ 1 ] Aga, Sujaya. (2012).”Monitoring Jaringan Komputer Menggunakan Axence NetTools. Politeknik Negeri Semarang”

[ 2 ] Georitno (2013).”Analisis Dan Implementasi Sistem Monitoring Lalu Lintas Paket Data Internet Menggunakan Cacti, Jffnms, Dan The Dude, Universitas Muhammadiyah Surakarta”

[ 3 ] Paramita, Bela (2016). “Analisis Monitoring Traffic Jaringan Pada PT.KAI Divisi Regional III SumselUniversitas Bina Darma”




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v5i1.2792

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##