Simulasi Proses Pengolahan Sampah Organik Menjadi Pupuk Menggunakan Vijeo Citect

Riza Rizki Pratama, Azhar Azhar, Jamaluddin Jamaluddin

Sari


 

Abstrak—Sampah organik seperti sisa sayuran dan dedaunan dapat dijadikan pupuk kompos. Namun sebagian orang yang belum paham cara mengolahnya menjadi kompos dan dimanfaatkan untuk pertanian,tanaman dan lain-lain. Untuk mengolah sampah organik menjadi kompos sebenarnya tidak terlalu rumit.Namun diperlukan ketelatenan karena memang membuat kompos harus melalui tahapan yang benar.Mulai dari pemilahan bahan sampah, mengecilkan ukuran sampah, penyusunan tumbukan, suhu bakteri kompos, penyiraman hingga penyimpanan.Apabila kurang telaten membuat kompos, mungkin bisa mengolah sampah organik menjadi pupuk sederhana suhu untuk pembutan pupuk sekitar 40-450C agar bakteri yang ada di pupuk bisa tidak mati.

 

Kata kunci :Sampah Organik,Pupuk, Bakteri


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Munanzar,K. 2013. SimulasiSistemPengendalian Proses asteurisasaiSusuMenggunakanVijeoCitect. Laporan Tugas Akhir .Teknik Elektro. Politeknik Negeri Lhoksemawe.

Arafah,N. 2009. Simulasi Sistem Pengendalian Proses Pembuatan Minyak Kelapa Berbasis vijeo citect. Laporan Tugas Akhir. Teknik Elektro. Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Astri. 2008. Sensor danTranduser, Politeknik Negeri Padang.

Umniyatie,S 2010. Pembuatan Pupuk Organik Menggunakan Mikroba Efektif-4 (Effective Microorganism-4) jurnal proseding.Jakarta

https://id.scribd.com/document/363306796/Perancangan-Dengan-Citectscada-7 16 mei 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v4i1.2741

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##