PEMBUATAN POLIURETAN ELASTOMER RAMAH LINGKUNGAN BERAZASKAN JATROPHA OIL

Vera Ilhani

Sari


Pada penelitian ini dilakukan tentang pembuatan poliuretan berbasis Metilen difenil diisosianat (MDI) dan minyak jarak pagar  dengan menggunakan etil asetat, dibutiltin dilaurat, metal laurat, nano tio2 , pentaeritritol, dan aquades sebagai pengisi tambahan yang bertujuan untuk meningkatkan sifat mekanik poliuretan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh massa MDI dan minyak jarak pada pembuatan poliuretan dengan memvarisikan bahan utamanya. Karakteristik analisa stabilitas termal menggunakan alat TGA (Thermo Gravimetric Analyzer) menunjukkan keandalan termal yang sangat baik memiliki stabilitas termal, kapasitas penyimpanan panas laten yang tinggi, dan stabilitas siklus termal yang unggul dengan ketahanan termal hingga 403.65C°C. Pada analisa gugus fungsi menggunakan FT-IR spektroskopis gugus N-H pada daerah separan 132.24 cm-1,  pada daerah serapan 3620.39 cm-1 merupakan gugus O-H dan daerah serapan 1541.12 cm-1  merupakan gugus C=C (MDI). Sedangkan analisa struktur morfologi menggunakan alat SEM (Scanning Electron Microscope) pada sampel PU sampel A memiliki permukaan halus dan menandakan partikel padat sebagai penstabil yang baik (emulsi pickering) dibangdingkan dengan sampel B yang menunjukkan beberapa bentuk agregat yang menggumpal dan berpori-pori besar, serta permukaan yang lebih halus.

Kata kunci : Poliuratan, MDI, Minyak Jarak, PCM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kardar Pooneh. 2015. Persiapan mikrokapsul poliuretan dengan poliol berbeda enkapsulasi isophorone diisocyanate agen. 89. 271–276

Ahmadi Younes. Kim Ki-Hyun . 2020. Kemajuan terbaru dalam poliuretan sebagai media yang efisien untuk penyimpanan energi panas. 74-86.

A.D. Rigotti, Dorigato, Kategoretti.A. 2018. campuran poliuretan termoplastik 3D yang dapat dicetak dengan kemampuan penyimpanan / pelepasan energi panas.

Hai-Chen Zhang, Ben-hao Kang, dkk. 2020. Meningkatkan ketangguhan campuran poli (asam laktat) / poliuretan termoplastik melalui peningkatan kompatibilitas antarmuka dengan prapolimer elastomer poliuretan dan mekanisme pengerasannya. 87.

Yang Shiwen, Wang Shuang. 2019. Elastomer Poliuretana Terbelakang Api yang Kuat Secara Mekanis dan Dapat Didaur Ulang berdasarkan Jaringan Crosslinking Termoreversibel dan Beberapa Ikatan Hidrogen

Hu Shikai, Shou Tao. 2020. Desain rasional dari elastomer poliuretan termoplastik berbasis NDI baru dengan ketahanan panas yang unggul. 205.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jstr.v19i01.2268

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Sains dan Teknologi Reaksi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2016 All rights reserved |Jurnal Sains dan Teknologi Reaksi p-ISSN: 1693-248X , e-ISSN: 2549-1202.