ANALISIS KERUSAKAN RUAS JALAN DAN PENANGANAN DENGAN METODE BINA MARGA (Ruas Jalan Simpang KKA - Bener Meriah Sta 42+000 S/D 44+000)

Muhammad Sandi Syahputra, Gustina Fitri, Abdullah Irwansyah

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Simpang KKA - Bener Meriah, yang menghubungkan Kabupaten Aceh Utara – Kabupaten Aceh Tengah, merupakan jalan kolektor yang mendukung konektivitas antar wilayah di Provinsi Aceh, dengan ukuran lebar  jalan  6  meter. Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengevaluasi  jenis kerusakan  yang terjadi dan merencanakan jenis pemeliharaan yang dapat diterapkan sesuai dengan tingkat kerusakan yang diperoleh dengan metode bina marga. Penanganan menggunakan metode Bina Marga menjadi pendekatan yang relevan, memungkinkan penentuan jenis perawatan yang sesuai berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan yang teridentifikasi. Studi kasus ini difokuskan  pada  ruas  Jalan  Simpang  KKA  -  Bener  Meriah  Sta  42+000   hingga 44+000. Setelah dilakukan penelitian survei volume kendaran didapatkan 4.321,2 smp/hari. Hasil melakukan penelitian pada Jalan Simpang KKA - Bener Meriah Sta. 42+000  s/d 44+000 terdapat 3 jenis kerusakan yaitu retak buaya = 1332,77 m2, amblas = 973,69 m2  dan cacat permukaan = 1312,77 m2. Berdasarkan tingkat urutan prioritas kerusakan jalan terdapat 4 segmen yang perlu dilakukan rekontruksi jalan, 6 segmen perlu dilakukan pemeliharaan berkala jalan dan 10 segmen perlu dilakukan pemeliharaan rutin jalan.

 

Kata kunci: kerusakan jalan, volume lalulintas, bina marga.

 

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andi Rahmanto. (2016). Evaluasi Kerusakan Jalan Dan Penanganan Dengan Metode Bina Marga Pada Ruas Jalan Banjarejo – Ngawen. Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe Cepu Blora, 17-24.

Anonim. (2021). Pedoman Survei Pengumpulan Data Kondisi Jaringan Jalan. Indonesia

Direktort Jenderal Bina Marga,

Anonim. (1990). Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota, No.

/T/BNKT/1990. Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Pembinaan Jalan

Kota. Jakarta, Indonesia.

Anonim. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, Direktorat Jenderal Bina

Marga. Jakarta, Indonesia.

Deby Elfi Copricon, G. W. (2018). Perbandingan Metode Bina Marga Dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan (Studi Kasus : simpang Lago - simpang Buatan). Jom FTEKNIK Volume 5 No. 1.

Gilang Aditya, Achmad Hermanto Dardak, Azaria Andreas. (2022). Analisis Nilai Kerusakan

Jalan Berdasarkan Metode Bina Marga. Universitas Pancasila, Jakarta.

Laila Qadriati. (2018). Evaluasi & Penanganan Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga Dan PCI (Pavement Condition Index) Di Ruas Jalan Panji Suroso Kota Malang. Institut Teknologi Nasional Malang, Indonesia.

Roni Agusmaniza, Ferhan Dimas Fadilla. (2019). Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Dengan

Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Ujung Beurasok STA 0+000 S/D STA

+700). Meulaboh, Aceh Barat. Vol. 1, No. 1, hal. 34-42. Sukirman, S. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya, NOVA, Bandung.

Sukirman, S. (1999). Dasar Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. NOVA. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)