EFEK PENAMBAHAN KARBON ABU ARANG KAYU KE DALAM BITUMEN DAN CAMPURAN ASPAL BETON POROUS

Farah Akifah, Zairipan Jaya, Supardin Supardin

Sari


Penggunaan bahan biopolimer dalam wujud karbon halus dari limbah abu arang kayu hasil dari proses pembakaran batu bata sebagai filler pada campuran aspal beton porous diharapkan dapat meningkatkan kinerja stukrural dan kinerja fungsional serta dapat mengurangi limbah kayu hasil pembakaran batu bata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari bahan biopolimer alternatif lainnya untuk meningkatkan nilai fungsi kekuatan dari aspal beton porous secara stuktural yaitu stabilitas, flow dan MQ maupun fungsional yaitu VIM, permeabilitas dan kecepatan aliran. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penilitian eksperimental dengan metode pengambilan data yang dilakukan secara langsung di laboratorium Jalan Raya Politeknik Negeri Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan aspal penetrasi 60/70 sebagai bahan pengikat dan material agregat diperoleh dari PT. Abad Jaya Group. Untuk  kadar abu arang kayu  pada campuran aspal beton porous yaitu  0%, 2%, 2,5%, 3%, 3,5%, dan 4% dari berat campuran. Hasil mampu meningkatkan kinerja strukturalnya hingga mencapai nilai optimum pada penggunaan persentase kadar 2,5% dengan nilai stabilitas dari 637 kg sampai 1106 kg, peningkatan nilai flow dari 2,6 mm sampai 3,6 mm dan peningkatan nilai MQ dari 273,80 kg/mm sampai 310,74. kg/mm. Pada kinerja fungsionalnya dengan penambahan abu arang kayu ke dalam campuran aspal beton porous berbanding terbalik dengan kinerja strukturalnya, yaitu mengalami penurunan pada nilai VIM dari 22,4% sampai 20,34%, waktu pengaliran air menurun dari 0,244 cm/det sampai 0,228 cm/dt dan kecepatan aliran mengalami peningkatan dari 8,06 detik sampai 9,43 detik akibat bertambahnya kadar abu arang kayu sehingga tertutupnya rongga pada campuran. Hasil pengujian pada penelitian ini didapat hasil kinerja fungsi struktural dan kinerja fungsi fungsional memenuhi spesifikasi Australian Asphalt pavement Association (AAPA) tahun 2004.. 

 

Kata Kunci: Aspal beton porous, Abu arang kayu, Marshall Test, Pemeabilitas

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arlia, L., Saleh, S. M., & Anggraini, R. (2018). Karakteristik Campuran Aspal Porus Dengan Substitusi Gondorukem Pada Aspal Penetrasi 60/70. Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 657666.

Aslan, Y., Arsyad, I., M., & Abidin, Z. (2021). Studi Pemanfaatan Arang Kayu Bakau Untuk Perbaikan Resistansi Pentanahan Menggunakan jenis Elektroda Plat Berbentuk Persegi. Jurnal Teknik Elektro Tanjungpura, 2(01).

Direktorat Jendral Bina Marga. 2019. Spesifikasi Umum 2018 Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan (Revisi 1). Jakarta : Ditjen Bina Marga kementrian PU.

Gusty, S., Indrayani, P., & Wasolo, I., G. (2022) Pengaruh Penggunaan Limbah Sabut Kelapa Sebagai Filler Terhadap Kinerja Karakteristik Marshall Pada Campuran Aspal Porus. Bandar; Journal Of Civil Enginering, 4(2), 7-13.

Jaya, Zairipan. (2021). Pengaruh Penggunaan Fly Ash Batu Bara Kelas C SEbagai Bahan Pengisi Filler Pada Campuran Aspal Beton Porus. Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Maulana, A. (2022). Studi Karakteristik Marshall Pada Aspal Porus Dengan Penambahan Abu Cangkang Kopi Sebagai Filler. Tugas Akhir. Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Nabilla, F. S., Saleh, S.M., & Mutiawati, C. (2020). Karakteristik Campuran Aspal Porus dengan Buton Granular Asphalt Sebagai Bahan Substitusi Agregat Halus dan Styrofoam Substitusi Aspal Pen 60/70. Journal of the Civil Engineering Student, 2(1), 92-9.

Saodang, H. 2005. Konstruksi Jalan Raya. Nova. Bandung.

Sembung, N.T., Sendow, T.K., & Palenewan, S. C. (2020). Analisa Campuran Aspal Porus Menggunakan Material Dari Kakaskaken Kecamatan Tumohon Utara Kota Tumohon. Jurnal Sipil Statik, Tomohon. Jurnal Sipil Statik, 8(3).

Sukirman, Silvia. 2016. Beton Aspal Campuran Panas. Bandung: Institut Teknologi Nasional. Thomas, K., M., Mathew,N., V., Rajalekshmi, P., R., Rajalekshmi, S., K., & Koshy, R., Z. (2019) Water quality and performance assessment of porous asphalt mix modified using charcoal powder. Journal of Sustainable Engineering: Proceedings Series, 1(2), 123-136.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)