PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE CRASH DURATION PADA KETERLAMBATAN PROYEK JEMBATAN KRUENG PEUDADA

Muhammad Daffa, Abdul Muhyi, Munardy Munardy

Sari


ABSTRAK

Proyek Jembatan Krueng Peudada merupakan proyek yang dijadwalkan selama dua tahun dari Agustus 2022 hingga April 2024. Proyek ini awalnya direncanakan memakan waktu 15

minggu dan membutuhkan anggaran sebesar Rp13.534.735.282,73 hingga bulan Maret. Pada tahap saat ini, realisasi proyek baru mencapai 24,82%, jauh tertinggal dari rencana progres 49,48% hingga bulan Maret. Keterlambatan ini berpotensi berdampak pada jadwal dan anggaran proyek secara keseluruhan, yang menyebabkan penundaan lebih lanjut pada tahap-tahap berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mempercepat penyelesaian tugas- tugas proyek dengan cara mengurangi risiko keterlambatan lebih lanjut. Data yang diperlukan diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara, dan dianalisis dengan menggunakan metode Crash Duration. Untuk mengatasi keterlambatan, beberapa analisis skenario percepatan diusulkan. Skenario pertama melibatkan kerja lembur selama dua jam per hari, yang menghasilkan percepatan selama 4 hari dan tambahan anggaran sebesar Rp219.544.837,89. Skenario kedua diusulkan dengan cara kerja lembur empat jam per hari, menghasilkan percepatan selama satu minggu dan tambahan anggaran sebesar Rp613.389.034,22. Sedangkan skenario terakhir, diusulkan kerja lembur enam jam per hari, yang menghasilkan percepatan selama tiga minggu dan tambahan anggaran sebesar Rp2.682.537.529,09. Dengan menerapkan salah satu dari skenario tersebut, akan menghasilkan percepatan kemajuan proyek, mengurangi risiko penundaan lebih lanjut, dan meningkatkan kinerja proyek secara keseluruhan. Namun, pemilihan skenario yang paling sesuai juga harus dipertimbangkan faktor-faktor seperti keterbatasan anggaran, ketersediaan sumber daya, dan potensi pertukaran antara waktu dan biaya. dalam memastikan penyelesaian Proyek Jembatan Krueng Peudada secara tepat waktu dan efisien.

 

Kata kunci: Keterlambatan, Crash Duration, Pengendalian, Jam Lembur.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ardan, M., & Anisa Putri, W. (2021). Analisis Sistem Informasi Penjadwalan Waktu Dan

Pengendalian Proyek Gedung Perkantoran Dan Gudang Suzuya System Analysis Of Time Scheduling Information And Project Control Of Office Building And Suzuya Buildings. Jcebt, 5(1), 2021. Http://Ojs.Uma.Ac.Id/Index.Php/Jcebt

Budhy Prasetya, E. (2018). Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi Dengan Metode Critical

Path Dan Earned Value Management. 1(2).

Frederika, A. (2010). Analisis Percepatan Pelaksanaan Dengan Menambah Jam Kerja Optimum Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Super Villa, Peti Tenget-Badung). In Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (Vol. 14, Issue 2).

Giri Aspia Ningrum, F., & Hartono, W. (2017). Penerapan Metode Crashing Dalam Percepatan Durasi Proyek Dengan Alternatif Penambahan Jam Lembur Dan Shift Kerja (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Hotel Grand Keisha, Yogyakarta).

Oetomo, W. (2017). Analisis Waktu Dan Biaya Dengan Metode Crash Duration Pada Keterlambatan Proyek Pembangunan Jembatan Sei Hanyu Kabupaten Kapuas (Vol. 6, Issue 1).

Priska, O. (2019). Analisa Percepatan Waktu Proyek Menggunakan Metode Crashing(Studi

Kasus: Peningkatan Jalan Pelantaran – Parenggean – Tumbang Sangai).

Priyo, M., & Sipil, T. (2016). Analisa Percepatan Proyek Metode Crash Program Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Mixed Use Sentraland (Vol. 5, Issue 2). Halaman. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jkts

Siddiq, A. (2022). Analisis Penjadwalan Menggunakan Aplikasi Microsoft Project 2010 (Studi Kasus: Ruang Terbuka Hijau (Rth) Kabupaten Wajo) (Vol. 2, Issue 2). Http://Jurnal.Umpar.Ac.Id/Index.Php/Karajata▪38


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)