PERENCANAAN GELAGAR BAJA PADA JEMBATAN DESA BUKET LINTEUNG KECAMATAN LANGKAHAN KABUPATEN ACEH UTARA

Syahrial Putra, Syukri Syukri, Herri Mahyar

Sari


Jembatan Desa Buket Linteung, Kecamatan Langkahan Kabupaten Aceh Utara merupakan jembatan yang menghubungkan antara desa Dusun Kareng dengan Simpang Lima. Panjang jembatan yaitu 16 meter, lebar 7 meter dengan material baja dan beton bertulang. Jembatan ini memiliki enam buah gelagar dengan jarak antar gelagar 1,2 meter. Tujuan perencanaan ini adalah untuk mengkaji dan membandingkan penampang gelagar baja non-komposit dan komposit. Metode yang digunakan pada perencanaan ini adalah RSNI-T-02-2005 dan RSNI-T-03-2005. Perencanaan gelegar baja non-komposit direncanakan dengan menggunakan profil IWF. 700.300.13.24, dengan spesifikasi data tinggi tampang profil baja 700 mm, lebar sayap 300 mm, tebal badan 13 mm dan tebal sayap 24 mm. Pengontrolan penampang kelangsingan pada badan profil baja memenuhi syarat yang aman 58,333 < 75 yang diijinkan, dan tegangan lentur  yang terjadi 130,071 MPa < Fskip 136,051 MPa jadi profil non-komposit tersebut aman terhadap  tegangan. Lendutan yang diperoleh dari gelagar baja non-komposit 0,0582 m < 0,067 m. Pada Perencanaan gelegar baja komposit direncanakan dengan menggunakan profil IWF. 600.200.12.20, dengan spesifikasi data tinggi tampang profil baja 600 mm, lebar sayap 200 mm, tebal badan 12 mm dan tebal sayap 20 mm. Pengontrolan penampang kelangsingan pada badan profil baja memenuhi syarat yang aman 50 < 75, dan tegangan lentur  yang terjadi 122,873 MPa < Fskip 125,138 MPa yang diijinkan, jadi profil baja komposit tersebut aman terhadap  tegangan. Lendutan yang diperoleh dari gelagar baja komposit 0,0472 m < lendutan yang diijinkan 0,067 m. Pada perencanaan ini gelagar komposit lebih efesien dari pada gelagar non-komposit.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Standar Nasional, 2005. Standar Pembebanan untuk Jembatan RSNI-T-02-2005 .Jakarta:BSN.

Badan Rancangan Standar Nasional Indonesia, 2005. Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan RSNI T-03-2005. Jakarta: BSN.

Badan Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 2005. Pedoman Gambar Standar Pekerjaan Jalan dan Jembatan. PU.

Haryadi, Irwan K., dan Yonatan, Edision. 2004. Pengaruh Metode Konstruksi Terhadap Perencanaan Jembatan Gelagar Komposit. Tangerang: Jurnal Teknik Sipil. Vol.1, No. 1: 62-73.

Iqbal, Manu, 1995. Dasar-dasar Perencanaan Beton Bertulang Departemen Pekerjaan Umum: PT. Mediatama Saptakarya.

Kh., Sunggono,1995. Buku Teknik Sipil Bandung: Nova.

Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan, 1984. Peraturan Perancanaan Bangunan Baja Indonesia Bandung: LPMB.

Moeljono, Drs.,SPI. 2004. Konstruksi Baja Dasar. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Salmon, Charles G., Johnson, Johne, dan Wira. 1995 Struktur Baja Desain dan Perilaku. Jakarta: Edisi kedua jilid 2: Erlangga.

Setiawan, Agus. 2008 Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD: Berdasarkan SNI 03-1729-2002. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)