PERENCANAAN BANGUNAN ATAS JEMBATAN LENGKUNG RANGKA BAJA KRUENG SAKUI KECAMATAN SUNGAI MAS KABUPATEN ACEH BARAT

Aulia Azra, Faisal Rizal, Syukri Syukri

Sari


Jembatan merupakan satu struktur yang melintaskan alur jalan melewati rintangan yang ada tanpa menutupnya. Jembatan dapat digunakan untuk melintasi sungai, jalan, atau bahkan untuk menghubungkan antar pulau. Jembatan ini merupakan penghubung antar Desa Gampong Tanoh Mirah dengan Desa Gampong Gleng. Tujuan penulisan ini adalah untuk menghitung dan merencanaan jembatan rangka busur dengan desain lantai kendaraan berada di bawah. Perencanaan ini mengikuti peraturan RSNI T-02-2005 dan RSNI T 03-2005. Jembatan didesain dengan bentang 60 meter dan lebar 9,4 m (termasuk trotoar 1 m pada kedua sisin). Tahap awal perencanaan adalah perhitungan sandaran, trotoar dan lantai kendaraan. Kemudian dilanjutkan dengan perencanaan gelegar memanjang dan melintang sekaligus perhitungan shearconnector. Memasuki tahap konstruksi pemikul utama dilakukan perhitungan beban yang bekerja, kemudian dianalisa dengan menggunakan program SAP 2000 versi 14. Dari perhitungan didapatkan gelegar memanjang menggunakan profil H 450x200x9x14, gelegar melintang H 700x300x13x24, ikatan angin busur atas batang vertikal direncanakan dengan profil H 200x200x8x12 dan batang diagonal L 175x175x15, ikatan angin busur tengah batang vertikal direncanakan dengan profil L 200x200x20 dan batang diagonal L 175x175x15, ikatan angin bawah batang vertikal direncanakan dengan profil H 250x200x10x16 dan batang diagonal L200x200x20. Untuk gelegar utama busur atas dan bawah menggunakan profil H 400x400x400x13x21 dan untuk batang vertikal, penggantung, dan diagonal direncanakan menggunakan profil   H 400x200x8x13.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asiyanto.2005.Metode Konstruksi Jembatan Rangka Baja, Jakarta : Universitas Indonesia – Press

Badan Litbang Pekerjaan Umum Departemen Pekerjaan Umum. 2005. RSNI T – 02 – 2005. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum

Badan Standarisasi Nasional, RSNI$ Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembata. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum

Badan Standarisasi Nasional, RSNI T – 03 – 2005 Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum

Dhaneswara Arista. 2015. Perancangan Struktur Jembatan Sistem Rangka Baja Pelengkung (Arch Bridge) pada Jembatan Musi VI Palembang – Sumatra Selatan. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Fikri Havis. Perencanaan Jembatan Gedang Ruas Jl.Punggul – Jl. Munjungan Kabupaten Trenggalek dengan Bangunan atas Rangka Batang Berbentuk Busur. Surabaya : Institu Teknologi Sepuluh Nopember

Gugo Hilmy, Irawan Djoko. 2013. Desain Jembatan Baru Pengganti Jembatan Kutai Kartanegara Dengan Sistem Busur. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

L. Schodek Daniel. 1999. Struktur. Jakarta : Erlangga

Pedoman Perencanaan Pembebanan Jembatan Jalan Raya SKBI – 1.3.28.1987. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum

Pereturan Beton Bertulang Indonesia. 1971. Bandung : Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Penyelidikan Masalah Bangunan

Setiawan Agus. 2008 Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD (Sesuai SNI. 03 – 1729 – 2002). Jakarta : Erlangga

Setyawan oky Faizal. 2009. Perencanaan Jembatan Malangsari Menggunakan Struktur Jembatan Busur Rangka Tipe Through – Arch. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Supriyadi, Munthohar. 2000 Jembatan. Yogyakarta : Beta Offset.

Wahana. 2003. Analisis dan Perhitungan Struktur dengan SAP 2000. Jakarta : Salemba infotek


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)