PENERAPAN K3 PADA PEKERJAAN ABUTMENT JEMBATAN ALUE SEUMAKEUM KEC. MUARA DUA KOTA LOKSEUMAWE

Muhammad Zamzami, Aiyub Aiyub, Irham Irham

Sari


ABSTRAK

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menurut PP. No 50 Tahun 2012 adalah bagian sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman dan produktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada proyek Jembatan Alue Seumakeum Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe, mengetahui kinerja (K3). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan analisa univariat. Untuk mengukur tingkat penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada proyek Jembatan Alue Seumakeum Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe berdasarkan hasil kuesioner. Data yang diperoleh berdasarkan dari 4 elemen yang menyangkut sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang disebarkan kepada 23 responden pekerja dan kontraktor. Setiap indikator diberi nilai (1) apabila menjawab Sangat Setuju (SS), apabila menjawab Setuju (S) nilai (2), netral (N) diberi nilai (3), Tidak Setuju (TS) diberi nilai (4),Sangat tidak setuju (STS). Nilai tersebut menghasilkan Frekuensi yang disajikan dalam bentuk barchart. Hasil untuk keberhasilan penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada proyek Jembatan Alue Seumakeum Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe, penerapan K3 mencapai 47%, Kinerja K3 46%, peraturan prosedur K3 57%, evaluasi penerapan K3 52%.

Kata Kunci: Penerapan, SMK3, Proyek Konstruksi

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Amalia, D. 2017. Pengertian dan Tahapan Manajemen Proyek [online] Tersedia: http//www.jurnal.id/id/blog/2017-pengertian-dan-tahapan-manajemenproyek/diakses pada 29 Maret 2019.

Arina Faila Saufa. 2017. ‘’Penilaian Tingkat Usabilitas pada Elektronik Repository Perpustakaan Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta’’. Pascasarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Badan Pembinaan Konstruksi Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesian. Kebijakan Pemerintah Tentang K3

Syaiful, A.S. 2017. Analisis Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pada Proyek Kereta Api (Studi Kasus: Pembangunan Fly Over Jalur Kerta Api Medan-Kualanamu). Medan. Fakultas Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara.

Triyono, B. 2014. Buku Ajar Keselamatan dan Kesehatan (K3). Yogyakaarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Wahidin, Soedarmin Soenyoto, Azharie Hasan. 2014” Penerapan K3 Pada Pelaksanaan Proyek New SFB di Cikarang yang di laksanakan PT. DWI Tunggal Surya Jaya’’. Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam, Bekasi.

Zahara. 2021. ‘’Penerapan Sistem Manajemen K3 Pada Proyek Duplikasi Jembatan Krueng Pante Raja Kabupaten Pidie Jaya’’. Program Studi Teknik Sipil, Politeknik Negeri Lhokseumawe.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)