STUDI KAPASITAS PARKIR PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAHdr. FAUZIAH BIREUEN KABUPATEN BIREUEN

Ghulam Ali Sauki, Gustina Gustina, Kurniati Kurniati

Sari


ABSTRAK

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Fauziah Bireun Kabupaten Bireun merupakan salah satu rumah sakit yang fasilitas parkirnya belum memenuhi standart, tidak teraturnya parkir kendaraan ini terkadang menghambat pengunjung yang datang untuk memarkir menjadi tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan melakukan penataan area parkir yang ada pada RSUD dr. Fauziah Bireun. Penataan parkir ini berguna untuk menyediakan area parkir yang memadai dan tertata dengan baik guna menghindari tidak teraturnya kendaraan yang parkir. Pengambilan data ini adalah mendapatkan data primer melalui survei dan data sekunder yang diperoleh dari pihak- pihak yang berwenang, buku lineratur, jurnal maupun peraturan yang menyangkut masalah perpakiran. Survey dilakukan selama 3 haridan lama waktu survei 15 jam yaitu pukul 07.00-22.00 WIB. Penelitian dilakukan pada pos masuk dan keluar parkir, untuk menghitung jumlah kendaraan yang masuk dan yang keluar meninggalkan areal parkir setiap interval waktu tertentu. Adapun hasil pada penelitian ini adalah jumlah kendaraan roda duadan roda 4 dan waktu parkir. Menggunakan metode pengolahan data dan analisis data dilakukandengan menggunakan rumus Akumulasi Parkir, Volume Parkir, Durasi Parkir, Tingkat Pergantian Parkir (TurnOver), Indeks Parkir dan Kebutuhan Parkir. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Ruang Parkir roda dua tertinggi sebanyak 250 SRP dengan satua ruangparkir sebanyak 253 kendaraan, sedangkan untuk kendaraan roda 4 tertinggi sebanyak 47 SRP dengan satuan ruang parkir sebanyak 51 kendaraan. Hasil dari perhitungan kapasitas parkir, indeks, durasi, turnover, menunjukan lokasi parkir tidak dapat menampung seluruh kendaraan roda dua yang akan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Fauziah Bireuen Kota Bireuen, tetapi untuk roda empat saat ini dapat menampung yang akan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Fauziah Bireuen Kota Bireuen.

 

Kata kunci: Durasi Parkir, Indeks Parkir, Pergantian Parkir, Kapasitas Parkir


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, (1998), "Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: 272/HK.105/DRJD/96", Direktorat Bima Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Jakarta.

Hobbs, F.D. (1995) Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Edisi 2 (terjemahan). GajahMada University Press: Yogyakarta.

Oppelander, J.C. and Box P.C. (1976). "Manual Of Traffic Engineering Studies, 4th ed." Institute of Tranportasi Engineering Washington DC. Abubakar,

Iskandar, dkk. 1998. Ebook: "Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir." Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota: Jakarta.

Anton, Maulana. 2011. “Analisis Kapasitas dan Karakteristik Parkir Kendaraan Di Pusat Perbelanjaan (Studi Kasus Solo Grand Mall Surakarta)’’

Isya, M. 2014. “Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Ruang Parkir Pada Areal Pusat Perbelanjaan Suzuya Mall Banda Aceh.” Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala.Vol. 3, No. 2. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh. Syarifuddin Fauziah. 2017. "Kebutuhan Ruang Parkir Pada Rumah Sakit Bhayangkara Di Kota Makassar". Skripsi Teknik Sipil Univertsitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.

Muhammad, Haikal Birton, 2021. "Studi Kapasitas Parkir Pada Rumah Sakit Umum Sakinah Menggunakan Fasilitas Lahan Parkir Masjid Darussalam Kota Lhokseumawe Warpani Suwardjoko. 1990. "Merencanakan Sistem Pengakutan". Bandung: PenerbitITB.

Miro, Fidel. 1997. "Sistem Transportasi Kota". Bandung: Penerbit Tarsito


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)