PENGARUH ABU CANGKANG KOPI PADA CAMPURAN ASPAL POROUS MENGGUNAKAN ASPAL POLYMER SEBAGAI BAHAN PENGIKAT

Ahmad Daudy, Sulaiman AR, Gusrizal Gusrizal

Sari


Konstruksi Perkerasan jalan, terdapat tiga jenis perkerasan jalan seperti Flexible pavement, rigid pavement dan composite Pavement Dikembangkan pada lapisan permukaan seperti aspal porous. Aspal porous aspal yang dicampur dengan agregat tertentu yang setelah dikompresi memiliki 20% pori udara. Penggunaan aspal porus memiliki banyak kelebihan bagi pengguna jalan dan lingkungan.Penggunaan material pengganti agregat halus dalam campuran aspal dilakukan untuk mendapatkan sifat yang berbeda, limbah cangkang kopi menjadi salah satu limbah yang dimanfaatkan dalam campuran aspal porus. Limbah cangkang kopi mempunyai potensi dimanfaatkan sebagai material substitusi sebagian aspal atau agregat halus. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui perubahan parameter mashall pada penggunaan cangkang kopi sebagai pengganti subtansi dan mengetahui manfaat limbah Cangkang kopi dalam campuran aspal pourus. Penelitian menggunakan metode eksprimental. Digunakan aspal polimer sebagai bahan pengikat dan cangkang kopi sebagai subtansi. Pada penelitian ini didapat nilai KAO 4,2%. Hasil pengujian parameter Marshall dengan penambahan cangkang kopi 1% -3% mengalami penurunan pada nilai stabilitas dari 1172 kg – 785 kg, nilai flow dari 3,4 mm – 3,0 mm, nilai MQ dari 346,1 – 259,5 kg/m dan mengalami peningkatan pada nilai VIM dari 12,3 % - 16,1%. Kinerja Fungsi Kekuatan Aspal Porous dengan penambahan cangkang kopi pada hasil pengujian marshall tidak berpengaruh dan menurun dari hasil nilai pengujian, sehingga dalam penambahan cangkang kopi tidak memenuhi kinerja kekuatan dengan hasil akhirnya.

 

Kata Kunci: Cangkang Kopi, Aspal porus, Aspal polimer, Marshall.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Divisi 6 Revisi1 2018. Spesifikasi Umum

Noris, T. (2017). Analisis Pemanfaatan Limbah Styrofoam Sebagai Bahan Substitusi ke dalam Aspal Penetrasi 60/70 Terhadap Karakteristik Campuran Aspal Porus. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil, 01 (01), 65-70. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya

Ramadhan, N. dan R. Reza (2014). Pengaruh Penambahan Additive Gilsonite HMA Modifier Grade Terhadap Kinerja Aspal Porus. Jurnal Tugas Akhir, 1-12, Universitas Brawijaya, Malang.

Sukirman, Silvia. 2016. Beton Aspal Campuran Panas. Jakarta: Granit

Sukirman, Silvia 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya, Jakarta: Granit

Joko Suryono, Karminto, dan Arifan. 2019. “Pengaruh Crumb Rubber dengan Material Lokal serta Filler Batu Laterit Terhadap Nilai Marshall Asphall Concrete – Binder Course (Ac-Bc)”. Jurnal Teknik Sipil, Politeknik Negeri Samarinda, Samarinda.

AAPA. Australian Asphalt Pavement Association. 2004. Open Graded Asphalt Design Guide, Australian.

Sulistianti, Sulaiman AR, Khairul Miswar., 2020. Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi dan Agregat Halus Endapan Abu Vulkanis Burni Telong pada Campuran Laston AC- WC. Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)