KAJIAN PENAMBAHAN FLY ASH DAN SEMEN PADA URUGAN PILIHAN UNTUK LAPISAN BASE PERKERASAN JALAN
Sari
ABSTRAK
Base Course (lapisan pondasi atas) adalah lapisan perkerasan yang terletak di antara lapis pondasi bawah dan lapis permukaan. Salah satu yang digunakan untuk lapisan base yaitu urugan pilihan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan daya dukung yang dihasilkan dari persentase campuran tanah urugan pilihan, fly ash dan semen yang dipilih sebagai bahan stabilisasi tanah. Pengujian yang dilakukan berupa sifat fisis dan mekanis tanah asli maupun setelah dicampur dengan bahan stabilisasi tanah berdasarkan metode ASTM dan SNI, dengan variasi campuran fly ash 10%, 15%, 20% dan 12% semen. Penelitian ini tanah di klasifikasikan berdasarkan metode AASTHO dengan PI 5,86% dan LL 37,88% tanah tersebut tergolong kedalam kelompok A-1-a. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk CBR unsoaked 7,5% tanah asli, pada variasi fly ash 15% dan semen 12%, terjadi peningkatan persentase nilai CBR unsoaked terbesar yaitu 53,9% memenuhi syarat CBR untuk lapisan Base minimum 50%.
Kata Kunci: Base, Urugan Pilihan, Fly Ash, Semen, CBR.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Ariyanto, A. S (2017) Pengaruh Durabilitas Terhadap Stabilisasi Sub Base Jalan Dengan Fly Ash Dari PLTU Asam-Asam Kalimantan Selatan. Jurnal Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang.
AASTHO T99. Standard Proctor.
ASTM C136-95a, Metode Pengujian Tentang Analisa Saringan.
ASTM D2216-92, Metode Pengujian Tentang Kadar Air Tanah.
ASTM D4318-95, Metode pengujian Tentang Atterberg Limit.
ASTM C127-188, Metode Pengujian Tentang Berat Jenis Tanah.
Badan Standarisasi Nasional, (1989). SNI 03-1744-1989: Metode Pengujian CBR Laboratorium. Jakarta.
Badan Standarisasi Nasional, (1990). SNI 03-1964-1990: Metode Pengujian Berat Isi. Jakarta.
Bowles, J.E., (1993). Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah, Terjemahan : JK. Hainim, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Braja M. Das, (1995). Mekanika Tanah Jilid 1 Cetakan Keempat, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Fauzi, A, dkk (2021). Pengaruh Penggunaan Fly Ash PLTU Pangkalan Susu Terhadap Kuat Tekan Mortar Geopolimer. Jurnal Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Gaol, B. L (2019). Pemanfaatan limbah Fly Ash Pada Subgrade Lapisan Perkerasan Jalan Dengan Tambahan Semen. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.
Indera, K. Rama, dkk. (2016) “Stabilisasi Tanah Dengan Menggunakan Fly Ash dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Kuat Tekan Bebas. Jurnal Teknik Sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Indriyanti, T.S, dkk. (2019) “Kajian Pengaruh Pemanfaatan Limbah FABA (Fly Ash dan Bottom Ash) Pada Konstruksi Lapisan Base Perkerasan Jalan”. Jurnal Teknik Sipil Universitas Riau.
Kementrian PUPR, 2018
Sabardiansyah, R (2021) “Stabilisasi Tanah Lempung Ekspansif Menggunakan Fly Ash dan Abu Bata Terhadap Nilai California Bearing Ratio (CBR)”. Skripsi. Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Soehardi, F, dkk (2017) “Stabilisasi Tanah Dengan Variasi Penambahan Kapur Dan Waktu Pemeraman”. Jurnal Teknik Sipil Universitas Lancang Kuning.
Sompie, F.A.E, dkk (2018) Stabilisasi Tanah Ekspansif Dengan Campuran Abu Batu Bara Dan Abu Terbang Batu Karang Dengan Aplikasi Timbunan Tipe Urugan Tanah. Jurnal Teknik Sipil Pasca Sarjana Unsrat.
Spesifikasi Umum “Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga”.
Sukirman, S 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova: Bandung.
Yulia, R (2018) Kadar CO Dari Pemanfaatan Bottom Ash Dengan Campuran Tempurung Kelapa Dan Abu Vulkanik Gunung Sinabung Menjadi Briket. Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ALAMAT KANTOR REDAKSI : Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3 Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785) |