ANALISIS WAKTU DAN BIAYA PROYEK PENINGKATAN JALAN TGK. MUDA LAMUKTA LHOKSEUMAWE DENGAN METODE EARNED VALUE

Roni Fauzan, Munardy Munardy, Khairul Miswar

Sari


ABSTRAK

Keterlambatan proyek berakibat pada terjadinya penyimpangan kinerja waktu dan biaya. Keterlambatan terjadi akibat penggunaan material yang boros dan tenaga kerja yang kurang terampil. Proyek Peningkatan Jalan Tgk. Muda Lamkuta Lhokseumawe mengalami keterlambatan pada minggu ke-7 yang apabila tidak segera diantisipasi maka akan terjadi penyimpangan kinerja waktu dan biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penyimpangan kinerja waktu dan biaya penyelesaian pekerjaan akibat keterlambatan pada minggu ke-7 yang telah digunakan pada proyek Peningkatan Jalan Tgk. Muda Lamkuta Lhokseumawe. Metode yang digunakan berupa konsep nilai hasil (earned value) mengkaji kecenderungan varian jadwal dan varian biaya pada suatu periode selama proyek berlangsung. Hasil perhitungan dan analisis terhadap penyimpangan kinerja waktu dan biaya yang telah dilakukan dengan metode earned value dari segi indikator kinerja jadwal proyek sampai dengan minggu ke-7 didapat nilai Schedule Variance (SV) bernilai negatif sebesar

- Rp. 310.585.260,84 dengan indeks kinerja jadwal (SPI) < 1 sehingga dari perhitungan Estimated Completion Date (ECD) diperkirakan waktu penyelesaian proyek mengalami keterlambatan sebesar 23% dari waktu 16 minggu menjadi 20 minggu. Hasil perhitungan dan analisis dari segi indikator kinerja biaya proyek sampai dengan minggu ke-7 didapat nilai Cost Variance (CV) bernilai negatif sebesar - Rp. 75.525.362,06 dengan indeks kinerja biaya (CPI) < 1 sehingga  dari perhitungan Estimated At Completion (EAC) diperkirakan biaya penyelesaian proyek mengalami pertambahan biaya sebesar 10% dari anggaran yang telah direncanakan sebesar Rp. 2.915.600.000,00 bertambah menjadi Rp. 3.207.160.000,00. Dapat disimpulkan bahwa jika irama kerja tidak berubah dan tidak ada upaya untuk memperbaiki kinerja, maka dapat diramalkan bahwa proyek akan mengalami Schedule Overrun dari segi waktu dan Cost Overrun dari segi biaya.

 

Kata Kunci : Penyimpangan, Waktu, Biaya, Earned Value

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azizi, Syauqan. 2020. Analisa Pengendalian Biaya Menggunakan Metode Earned Value Pada Pekerjaan Peningkatan Jalan Pante Peusangan – Kecamatan Jangka. Tugas Akhir. Lhokseumawe: Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Husen. 2009. Manajemen Proyek : Perencanaan, Penjadwalan, dan Pengandalian Proyek.

Yogyakarta: Andi.

Jayusman, Fajri. 2020. Analisis Pengendalian Biaya Dan Waktu (Cost Control Framework) Peningkatan Jalan Uer Lah – Simpang Lancang Kabupaten Bener Meriah. Tugas Akhir. Lhokseumawe: Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Kartikasari, D. 2014. “Pengendalian Biaya dan Waktu Dengan Metode Earned Value (Studi Kasus: Proyek Struktur dan Arsitektur Production Hall-02 Pandaan)”. EXTRAPOLASI: Jurnal Teknik Sipil, 7 (02).

Lokajaya, I. N. 2018. “Analisis Pengendalian Waktu Dan Biaya Pada Proyek Peningkatan Jalan

Dengan Metode PERT”. Sinteks: Jurnal Teknik, 8(2), 57-65.

Oetomo, W., Priyoto, P., & Uhad, U. 2017. “Analisis Waktu dan Biaya dengan Metode Crash Duration pada Keterlambatan Proyek Pembangunan Jembatan Sei Hanyu Kabupaten Kapuas”. Media Ilmiah Teknik Sipil, 6 (1), 8-22.

Priyo, M., & Zhafira, T. 2017. “Penerapan Metode “Earn Value” Dan “Project Crashing” Pada Proyek Konstruksi: Studi Kasus Pembangunan Gedung IGD RSUD Sunan Kalijaga, Demak”. Semesta Teknika, 20 (1), 29-50.

Soeharto, Iman. 1999. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional Jilid 1.

Jakarta: Erlangga.

Soeharto, Iman. 2001. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional Jilid 2.

Jakarta: Erlangga.

Witjaksana, B., & Reresi, S. P. 2012. “Analisis Biaya Proyek Dengan Metode Earned Value Dalam Proses Kinerja (Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Universitas Katholik Widya Mandala Pakuwon Citi-Surabaya)”. EXTRAPOLASI: Jurnal Teknik Sipil, 5 (02).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)