ANALISIS ANTRIAN PENUMPANG DI DALAM TERMINAL DOMESTIK BANDAR UDARA SULTAN ISKANDAR MUDA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Raisie Sulthanik Wali, Miswar Miswar, Rizal Syahyadi

Sari


ABSTRAK

Bandar Udara Sultan Iskandar Muda adalah bandara terbesar di provinsi Aceh. Peningkatan jumlah penumpang pesawat yang mengakibatkan terjadinya antrian penumpang. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dalam mencapai kepuasan penumpang, mengetahui kondisi existing, dan tingkat intensitas pelayanan pada setiap fasilitas pelayanan keberangkatan penumpang. Penelitian ini dilakukan pada 4 pelayanan yaitu tahap pelayanan pemeriksaan dokumen penumpang, tahap pelayanan check-in, tahap pelayanan x-ray, dan tahap pelayanan boarding pass. Metode yang digunakan pada penelitian   ini   adalah   survey   lapangan   dan   observasi,   untuk   mendapatkan   sampel penumpang berdasarkan barang bawaannya dan waktu pelayanan. Hasil analisis penelitian menunjukan   waktu   penumpang   dalam   antrian   pada   Pemeriksaan   Dokumen   yaitu

0,4 menit/orang, pada Counter Check-in 0,3 menit/orang, pada X-ray 8,06 menit/orang, dan pada Boarding pass 0,5 menit/orang. Waktu elayanan pada Pemeriksaan Dokumen dengan waktu    pelayanan    30    detik/orang,    Counter    Check-in    dengan    waktu    pelayanan

2,31  menit/orang, X-ray  dengan  waktu  pelayanan  1,8  menit/orang,  dan  Boarding  pass

dengan waktu pelayanan 40 detik/orang. Hasil tingkat intensitas pelayanan (ρ > 1) pada pemeriksaan Dokumen (0,43 < 1), Counter Check-in (0,31 < 1), X-ray (0,82 < 1), dan Boarding  pass  (0,44  < 1).  Berdasarkan  hasil  perhitungan,  tingkat  intensitas  pelayanan tertinggi pada tahap pelayanan  X-ray (0,82 < 1). Dari hasil pengamatan dan hasil analisis antrian, faktor yang menyebabkan Panjang Antrian adalah keterlambatan penumpang untuk melakukan pelayanan di dalam terminal dan juga faktor barang bawaan penumpang.Untuk saat ini fasilitas pelayanan sudah sangat mendukung dan masih cukup layak untuk melayani penumpang, karena hasil analisis antrian menunjukkan tingkat pelayanan lebih tinggi dari tingkat kedatangan penumpang (µ > λ) atau (ρ > 1).

 

Kata kunci: Terminal Keberangkatan, Analisis Antrian, Teori Antrian, Intensitas Pelayanan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ABSTRAK

Bandar Udara Sultan Iskandar Muda adalah bandara terbesar di provinsi Aceh. Peningkatan jumlah penumpang pesawat yang mengakibatkan terjadinya antrian penumpang. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dalam mencapai kepuasan penumpang, mengetahui kondisi existing, dan tingkat intensitas pelayanan pada setiap fasilitas pelayanan keberangkatan penumpang. Penelitian ini dilakukan pada 4 pelayanan yaitu tahap pelayanan pemeriksaan dokumen penumpang, tahap pelayanan check-in, tahap pelayanan x-ray, dan tahap pelayanan boarding pass. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survey lapangan dan observasi, untuk mendapatkan sampel penumpang berdasarkan barang bawaannya dan waktu pelayanan. Hasil analisis penelitian menunjukan waktu penumpang dalam antrian pada Pemeriksaan Dokumen yaitu

,4 menit/orang, pada Counter Check-in 0,3 menit/orang, pada X-ray 8,06 menit/orang, dan pada Boarding pass 0,5 menit/orang. Waktu elayanan pada Pemeriksaan Dokumen dengan waktu pelayanan 30 detik/orang, Counter Check-in dengan waktu pelayanan

,31 menit/orang, X-ray dengan waktu pelayanan 1,8 menit/orang, dan Boarding pass

dengan waktu pelayanan 40 detik/orang. Hasil tingkat intensitas pelayanan (ρ > 1) pada pemeriksaan Dokumen (0,43 < 1), Counter Check-in (0,31 < 1), X-ray (0,82 < 1), dan Boarding pass (0,44 < 1). Berdasarkan hasil perhitungan, tingkat intensitas pelayanan tertinggi pada tahap pelayanan X-ray (0,82 < 1). Dari hasil pengamatan dan hasil analisis antrian, faktor yang menyebabkan Panjang Antrian adalah keterlambatan penumpang untuk melakukan pelayanan di dalam terminal dan juga faktor barang bawaan penumpang.Untuk saat ini fasilitas pelayanan sudah sangat mendukung dan masih cukup layak untuk melayani penumpang, karena hasil analisis antrian menunjukkan tingkat pelayanan lebih tinggi dari tingkat kedatangan penumpang (µ > λ) atau (ρ > 1).

Kata kunci: Terminal Keberangkatan, Analisis Antrian, Teori Antrian, Intensitas Pelayanan


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)