EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL TIGA LENGAN PADA JALAN SAMUDERA PASAI KM 268 SIMPANG BULOH KOTA LHOKSEUMAWE

Muhammad Al Chaidar, Teuku Riyadhsyah, Ismail Ismail

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan pada jalan Samudera Pasai Km 268 Simpang Buloh Kota Lhokseumawe, adapun permasalahan yang ditinjau untuk mengevaluasi kinerja lalu lintas simpang tidak bersinyal tiga lengan, penelitian ini menganalisis besarnya kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, antrian, dan tingkat pelayanan dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Data yang diperlukan pada penelitian ini adalah data geometrik simpang, jumlah penduduk, kondisi lingkungan, serta volume lalu lintas yang diambil dengan survei selama 7 hari yaitu Senin – Minggu pada jam sibuk pagi pukul

07.00-09.00 WIB jam sibuk siang pukul 12.00-14.00 WIB dan jam sibuk sore pukul 16.00-

18.00 WIB, dengan durasi pengambilan data per 15 menit. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kapasitas (C) sebesar 3864 skr/jam, derajat kejenuhan (DJ) 0,81 dan tundaan simpang (T) 13,56 det/skr dengan peluang antrian (PA) 27  – 53%. Berdasarkan data penelitian tersebut  maka  dapat  disimpulkan  tingkat  pelayanan  persimpangan  berdasarkan  nilai tundaan (T) tergolong kedalam tingkat pelayanan B dengan keterangan baik berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 dengan nilai tundaan 5-15 det/skr.

 

Kata Kunci: Simpang tak bersinyal, kapasitas, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Direktorat Jendral Bina

Marga, Departemen Pekerjaan Umun.

Anonim. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta: Direktorat Jendral Bina

Marga, Departemen Pekerjaan Umun.

Dinata, W. A., Erwan, K., & Sumiyattinah. 2017. “Analisis Kinerja Simpang Tiga Pada Jalan Komyos Sudarso Jalan Umuthalib Kota Pontianak”. Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura, 4(4).

Hanafiah, H. (2010). Analisa Tingkat Pelayanan Simpang Tak Bersinyal Tipe T Dengan Metode HCM 2000 (Studi Kasus jalan Merdeka Barat Kota Lhokseumawe). Portal: Jurnal Teknik Sipil, 2(2).

Intari, D. E., Kuncoro, H. B. B., & Rahmayanti, R. 2019. “Analisis Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tiga Jalan Raya Serang Km 24–Jalan Akses Tol Balaraja Barat, Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten)”. Fondasi: Jurnal Teknik Sipil, 8(1).

Menteri Perhubungan. 2015, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta: Menteri Perhubungan

Selter. R. J, 1974, Highway Traffic Analysis And Design, University of Bradford

Sukirman, S. (1999). Dasar - Dasar Geometrik Jalan. Bandung: Nova.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)